Brilio.net - Olahraga kini jadi kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Apalagi sejak munculnya pandemi Covid-19, masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan. Ditambah lagi kini tren olahraga sudah sangat beragam dan bisa jadi pilihan untuk masyarakat.

Di masa pandemi ini, kita juga harus memperhatikan jenis olahraga yang dipilih. Olahraga yang kita cari yang bisa meningkatkan sistem imun, salah-salah pilih olahraga bisa menyebabkan imunitas menurun.

Hal itu juga disampaikan oleh Spesialis Kedokteran Olahraga, Dokter Michael Triangto, Sp.KO bahwa masyarakat dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan. Karena, bila melakukan olahraga terlalu berat di tengah pandemi justru akan menurunkan sistem imun.

"Masyarakat dalam benaknya itu, kalau olahraga berat akan semakin bagus. Itu enggak salah sih kalau tujuannya prestasi. Tapi kalau tujuannya untuk kesehatan tidak dianjurkan. Enggak ada olahraga kesehatan yang loncat-loncat. Cukup jalan santai, yoga dan olahraga yang enggak membuat tubuh teralu lelah," ujar dr Michael saat dihubungi brilio.net melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Lantas olahraga seperti apa yah yang bisa lakukan di tengah pandemi? Berikut rangkumannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

Loading...

1. Berenang

Tren olahraga © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Berenang bisa memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh, seperti paru-paru, otot kaki dan lengan hingga stabilitas jaringan syaraf. Berenang dipercaya dapat memperkuat organ hati, jantung dan membantu mengecilkan perut ataupun membakar lemak jahat. Saat berenang, seluruh organ tubuh bergerak dan hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan refreshment.

2. Jogging

Tren olahraga © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Lari santai atau jogging membantu meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Umumnya, seseorang melakukan jogging di pagi hari sebelum memulai aktivitas ataupun saat mengawali weekend agar sekaligus menghirup udara segar dan mendapatkaan sinar matahari yang baik untuk imunitas.

3. Bersepeda

Tren olahraga © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Tren bersepeda memang naik daun di masa pandemi. Saat ini, tidak jarang orang-orang bepergian ke kantor dengan bersepeda. Rutin bersepeda bisa memperkuat otot jantung serta mengurangi stres. Jangan lupa untuk selalu gunakan helm dan pelindung siku dan lutut untuk mengantisipasi kecelakaan. Serta pakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

4. Yoga

Tren olahraga © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Selama di rumah aja tentu kita kerap merasa stres dengan beban kerjaan menumpuk dan suasana rumah yang membosankan. Stres juga bisa membuat kita terserang penyakit. Oleh sebab itu salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan yoga yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi relaks.

5. Hiking

Tren olahraga © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Hiking jadi salah satu kegiatan outdoor yang banyak dilakukan masyarakat selama masa pandemi. Biasanya mereka hiking ke tempat-tempat dengn suasana alam yang nyaman dan sejuk seperti ke area perbukitan, gunung, ataupun curug.

6. Jalan santai

Tren olahraga © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Aktivitas yang mudah dilakukan untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan berjalan santai. Masyarakat dianjurkan berjalan santai 45 menit atau 10 ribu langkah setiap hari untuk membuat tubuh tetap sehat.