Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Yap, pepaya merupakan jenis buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Harga buah pepaya juga relatif terjangkau dibanding buah lainnya. Pepaya biasa dikonsumsi untuk hidangan penutup, dijadikan jus atau smoothie, dicampur salad, dan sebagainya.

Rasa pepaya manis, warnanya orange cerah, teksturnya lembut, dan punya biji di bagian tengahnya. Selain memiliki rasa lezat, pepaya populer karena ampuh untuk melancarkan fungsi organ pencernaan dan BAB.

Tak hanya itu saja, pepaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam buah pepaya adalah enzim papain. Enzim ini sangat berguna untuk mendukung kesehatan kulit. Maka tak heran jika pepaya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kecantikan.

Mungkin kamu sudah sering mendengar sabun pepaya, nah itu merupakan salah satu produk yang diolah dari pepaya. Ternyata produk kecantikan satu ini bisa diandalkan untuk merawat kecantikan. Salah satunya, sabun pepaya dapat mencerahkan kulit.

Kira-kira apa lagi ya manfaat sabun pepaya untuk kecantikan? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (19/11).

Loading...

1. Mengatasi masalah jerawat.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu mengalami masalah wajah berjerawat, memakai sabun pepaya akan sangat membantu. Selain mengatasi, sabun pepaya juga mencegah munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan enzim pada pepaya sangat efektif menghilangkan keratin yang rusak.

Keratin adalah protein utama pada kulit, namun penumpukannya dapat menyebabkan pembentukan benjolan kecil. Kekuatan pengelupasan dari sabun pepaya juga mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori yang juga dapat mengurangi jerawat.

2. menghaluskan kulit.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Menggunakan sabun pepaya dapat membuat kulit lebih halus dan sehat. Rutin menggunakan sabun pepaya maka akan memperbaiki masalah kulit seperti pecah-pecah atau kemerahan. Sabun pepaya adalah salah satu perawatan untuk kulit kering yang lebih efektif karena efeknya yang dapat meremajakan kulit.

3. Mencerahkan kulit.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Enzim papain yang terdapat pada sabun pepaya dapat mengangkat kulit mati. Proses eksfoliasi atau pengelupasan secara alami bisa menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit wajah. Hal ini bisa membuat warna kulit lebih cerah dan halus. Tak hanya itu saja, sabun pepaya juga bisa meremajakan kulit.

4. Mencegah penuaan dini.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Hampir setiap orang berusaha untuk tetap terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan penampilan mereka akan tetap terlihat prima. Tak heran jika banyak orang menempuh berbagai perawatan mahal.

Cara lain untuk bisa terlihat awet muda adalah dengan menggunakan sabun pepaya. Kandungan yang baik pada sabun pepaya bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal dan menghilangkan kerutan yang ada dikulit baik tubuh maupun wajah. Sehingga kamu terlihat awet muda tanpa adanya kerutan.

5. Meredakan gatal akibat gigitan serangga.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Sabun pepaya bisa mengatasi kemerahan pada kulit akibat gigitan serangga, seperti nyeri, gatal, bengkak, dan kemerahan. Hal ini karenakan papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

6. Melembapkan kulit.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Pepaya memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit karena kandungan air, karbohidrat, dan lemaknya. Sabun pepaya membantu melembutkan dan melembapkan kulit. Jika kamu memiliki tipe kulit kering, maka ini akan menjadi pilihan tepat.

Menggunakan sabun pepaya bisa membuat kulit lembut dan kenyal. Enzim yang ada dalam pepaya dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik serta melembapkannya.

7. Angkat sel kulit mati.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit freepik.com

foto: freepik.com

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini disebabkan kandungan papain pada sabun pepaya yang mampu mengkatalisis pemecahan protein jika digabungkan dengan air.

Eksfoliasi kulit menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Eksfoliasi dengan sabun pepaya secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Sabun pepaya juga bisa meratakan warna kulit.