Brilio.net - Cokelat merupakan jenis makanan yang paling banyak disukai orang karena rasanya yang manis. Bahkan cokelat dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang. Namun bagaimana dengan dark chocolate atau cokelat hitam ya? Dark chocolate memiliki rasanya yang jauh lebih pekat, yakni masih terasa pahitnya, hal ini dikarenakan kandungan kakao yang tinggi dan lebih sedikit gula atau susu.

Dari semua jenis cokelat, dark chocolate memiliki persentase cocoa solids dan cocoa butter tertinggi, berkisar 30-80 persen. Cokelat hitam juga lebih kering daripada dua varietas lainnya dengan rasa asli.

Dilansir brilio.net dari youbeauty.com, menurut Kristin Kirkpatrick, RD, MS, Manajer Kesehatan untuk program Cleveland Clinic's Lifestyle 180, dan Penasehat Nutrisi YouBeauty, cokelat hitam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan kandungan alami cokelatnya yang tinggi.

"Kakao mengandung zat tumbuhan alami yang disebut flavonoid yang membantu menjaga trombosit tidak terlalu lengket, mengurangi risiko serangan jantung atau stroke akibat gumpalan," ujar Kristin Kirkpatrick.

Tak hanya itu saja, kakao juga membantu mengurangi hormon stres, mempercantik kulit dan mengurangi kerutan yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Flavonol (jenis flavonoid yang ditemukan dalam cokelat) membantu kulit terlihat lebih baik.

Loading...

Flavonol adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, melawan radikal bebas, dan meningkatkan aliran darah.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu bisa menikmati dengan cara dimakan, bisa juga dicairkan atau dijadikan masker. Baik itu masker kulit maupun rambut. Rutin mengonsumsi dan menggunakan dark chocolate akan membuat kulit serta rambut menjadi lebih indah.

Berikut ini ada beberapa manfaat dark chocolate untuk kecantikan yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (16/11).

1. Melindungi kulit dari sinar matahari.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari femina.in, menurut penelitian, makan cokelat hitam atau dark chocolate dapat membuat tekstur kulit lebih halus, kemerahan kulit berkurang 25 persen saat terkena sinar matahari, dan melindungi kulit dari dehidrasi berkepanjangan.

Flavonoid dalam cokelat membantu memantulkan sinar UV yang berbahaya dari kulit, mencegah sengatan matahari, dan melindungi kulit dari kanker kulit. Cokelat hitam juga membuat kulit lebih bersih bercahaya.

2. Mencegah penuaan dini.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Cokelat hitam membantu mengurangi bintik hitam dan pigmentasi serta membuat kulit bersinar dan sehat. dark chocolate juga bekerja untuk mengembalikan kelembaban kulit, meningkatkan kandungan kolagen, dan meningkatkan sirkulasi darah, yang semuanya membantu menunda munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Meningkatkan pertumbuhan sel.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Mineral esensial yang ditemukan dalam cokelat hitam seperti tembaga, besi, dan seng meningkatkan pertumbuhan sel dan menutrisi kulit, membuatnya tampak lebih muda. Cokelat hitam juga mendetoksifikasi kulit dan mengelupas sel kulit mati, membantu kulit kamu terlihat segar dan bercahaya.

4. Memudarkan bekas luka.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Cokelat hitam diperkaya dengan mineral yang meningkatkan penyembuhan sel. Selain dapat menghaluskan kulit dengan melepaskan sel kulit mati, dark chocolate juga mencerahkan bekas luka dan noda pada kulit.

5. Mengurangi stres.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Tingkat stres yang tinggi dapat merusak kulit. Cokelat hitam mengandung banyak magnesium, ini membantu mengurangi stres, yang mana pada akhirnya dapat merusak kolagen kulit. Magnesium juga membantu kamu tidur lebih nyenyak. Tidur teratur dan tepat waktu dapat membuat kulit terlihat sehat.

6. Mengurangi peradangan pada kulit.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Peradangan kronis yang terjadi pada kulit bisa sangat membahayakan. Flavanol dalam cokelat hitam membantu mengurangi peradangan, membantu mengatasi kondisi kulit dari kemerahan, iritasi, dan juga membuat kulit lebih kenyal.

7. Meningkatkan volume rambut.

Manfaat dark chocolate untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Mineral seperti tembaga, besi, dan seng dalam cokelat hitam meningkatkan pertumbuhan sel dan meningkatkan aliran darah ke kulit dan kulit kepala, memfasilitasi transfer nutrisi yang lebih baik ke sel, sehingga menghasilkan rambut yang lebih sehat dan kuat. Peningkatan sirkulasi juga membantu melawan kerontokan rambut.