Brilio.net - Cokelat, sebutan untuk makanan yang diolah dari biji kakao. Dark chocolate atau cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan perhatian karena menguntungkan kesehatan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang, termasuk kandungan antioksidannya, dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Semua berkat kandungan flavonoid yang hadir di dalamnya membuat pembuluh darah lebih elastis. Hal ini akan membuat tekanan darah manusia tetap dalam batas normal.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh dr Norman Swan, Universitas Aberdeen, mengatakan bahwa responden yang mengonsumsi sepotong dark chocolate sehari mengalami penurunan tekanan darah rata-rata dua atau tiga poin, tanpa perubahan signifikan terhadap kolesterol atau kadar gula darah. Selain membuat tekanan darah manusia dalam batas normal, dark chocolate juga mempunyai khasiat lain bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Dilansir brilio.net dari The Times Of India, Kamis (7/5) ini alasan sehat kenapa kamu harus mengonsumsi dark chocolate.

1. Mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol

Cokelat hitam sangat tinggi kandungan antioksidan yang disebut flavanoid. Adanya kandungan flavanoid dapat menghindari pembentukan plak sehingga mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah. Antioksidan ini juga membantu untuk menonaktifkan radikal bebas dalam darah yang membantu untuk menjaga keseimbangan tingkat kolesterol dalam tubuh dan mengurangi sintesisnya LDL. Bahkan, flavonoid juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang dapat melindungi jantung.

2. Pencegah stres atau depresi

Loading...

Mengonsumsi lelehan dark chocolate bisa jadi solusi saat kadar stres kamu meningkat. Menurut penelitian yang dilakukan ACS’ Journal of Proteome Research, memakan 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres yang sedang kamu rasakan. Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya. Nggak hanya itu, cokelat merupakan sumber potensial dari serotonin, dopamin, dan phenylethylamine. Tiga neurotransmitter ini dapat membantu untuk pencegahan depresi. Dengan mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan suasana hati karena memungkinkan serotonin dan dopamin untuk tetap dalam aliran darah lebih lama sehingga kamu bisa tetap merasakan efeknya lebih lama juga.

3. Memiliki manfaat antioksidan dan memiliki efek anti penuaan

Antioksidan berguna untuk membantu membebaskan tubuh dari radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas juga ikut andil dalam proses penuaan dan dapat menjadi penyebab penyakit kanker. Jadi dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti dark chocolate bisa mencegah pembentukan radikal bebas yang menyebabkan penuaan. Selain itu cokelat juga kaya akan vitamin B, A, E yang memberikan manfaat bagi kulit dengan meningkatkan aliran darah melalui pembuluh darah terutama kulit kamu. Sehingga memperlambat tanda-tanda penuaan dan membuat kulitmu tampak lebih bersinar secara alami.

4. Memperbaiki suasana hati

Dengan mengonsumsi dark chocolate dapat merangsang produksi endorfin dalam tubuh yang memberikan transmisi perasaan yang baik untuk otak dan membantu memperbaiki suasana hati. Ini membuat kamu merasa senang, dan dengan demikian bisa jadi salah satu alasan buat menikmati satu atau dua gigitan cokelat.

5. Menjaga berat badan stabil

Bukan jadi rahasia lagi bahwa obesitas merupakan masalah besar dan berkembang di berbagai negara. Untungnya, cokelat bisa membantu dalam memerangi berat badan. Dark chocolate termasuk dalam camilan sehat yang nggak mengandung kalori sehingga nggak akan menambah berat badan kamu secara drastis. Tapi tetap perhatikan jumlahnya dan jangan berlebihan saat mengonsumsi dark chocolate ya.