Brilio.net - Kalau berbicara mengenai makanan memang nggak ada habisnya. Ada banyak pilihan makanan yang kerap jadi serbuan di berbagai momen. Mulai dari yang rasanya manis hingga gurih. Bahan pembuatannya pun bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan selera.

Apalagi saat ini jenis makanan kekinian juga semakin menjamur. Dengan kombinasi berbagai bahan, membuat aneka menu makanan menjadi lebih menarik. Nggak heran deh kalau kamu selalu ingin mencoba berbagai menu makanan baru.

Tapi, kamu juga harus berhati-hati nih saat memilih makanan. Karena apa yang kamu santap dapat memberikan pengaruh pada kesehatan. Jangan sampai kamu asal makan dan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Maka kamu perlu memahami juga nih kandungan dan manfaat apa yang terdapat dalam makananmu.

Kamu bisa berinvestasi kesehatan melalui makanan yang disantap. Salah satunya untuk investasi kesehatan tulangmu. Tulang menjadi organ yang vital untuk menopang badan. Tentu kamu ingin tetap bugar sampai usia lanjut kan?

Makanya, jaga tulangmu dengan mengonsumsi makanan sehat yuk. Karena ada banyak pilihan makanan sehat yang memberikan banyak manfaat untuk tulang. Apa saja? Simak deh selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Jumat (21/8) dari berbagai sumber berikut.

Loading...

 

1. Kentang.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bahan makanan yang satu ini jadi andalan banyak orang. Rasanya yang mengenyangkan membuat kentang kerap dijadikan pengganti nasi. Selain itu kentang juga cocok dijadikan camilan untuk menikmati waktu bersama orang tersayang.

Di balik rasanya yang lezat, kentang memiliki banyak kandungan baik untuk tulang, seperti magnesium dan potasium. Selain kalsium dan vitamin D, magnesium dan kalium juga penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan magnesium dapat membuang keseimbangan vitamin D.

2. Kangkung.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat. Kamu tahu nggak sih, kangkung adalah salah satu sumber kalsium lho. Selain susu, sayuran yang berwarna hijau gelap seperti sawi hijau, pakcoy, kubis china, dan lobak semuanya kaya kalsium.

Selain itu, sayur mayur tersebut juga memiliki kandungan vitamin K dalam jumlah yang baik. Hal ini diketahui dapat memberikan manfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis.

3. Ikan salmon.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang kaya manfaat. Jenis ikan dari famili Salmonidae ini dikenal menjadi sumber makanan yang sehat lho. Salah satu alasannya karena salmon merupakan sumber kalsium yang baik sehingga baik untuk kesehatan tulang.

Sebenarnya nggak hanya salmon yang baik untuk tulang. Begitu juga dengan berbagai jenis ikan lainnya. Jenis-jenis ikan berlemak menawarkan sejumlah vitamin D yang bagus untuk tubuh. Ikan juga memiliki asam lemak omega-3 yang dapat mendukung sendi dan kesehatan jantung. Ikan sarden juga bisa kamu coba untuk merawat kesehatan tulangmu.

4. Kacang almond.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Siapa sih yang nggak suka dengan kenikmatan kacang ini? Selain cocok untuk pelengkap berbagai jenis makanan, kacang almond juga bisa kamu ambil manfaatnya dengan mengonsumsi secara langsung.

Kacang almond tidak hanya tinggi kalsium dan kalium tapi juga mengandung lemak dalam jumlah yang tepat. Kacang ini bisa kamu masukkan dalam salah satu pilihan makanan sehat untuk menjaga tulangmu dari osteoporosis. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai menu diet.

5. Ubi jalar.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain kentang, ubi jalar juga memiliki kandungan magnesium yang bisa menjaga kesehatan tulangmu. Nggak hanya itu saja lho, ubi jalar juga memiliki kandungan kalium di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat dari ubi jalar untuk kesehatan tulang kamu bisa mengonsumsinya. Makanlah ubi jalar ukuran sedang tanpa garam. Kamu bisa menikmatinya sebagai pengganti sarapan, makan siang, atau makan malam.

6. Tahu.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tahu bisa disebut sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain mudah dikreasikan menjadi berbagai menu, tahu juga memiliki harga yang terjangkau. Nggak hanya di Indonesia, tahu juga menjadi makanan andalan dalam makanan Asia. Selain enak, hal ini dikarenakan tahu memiliki banyak kandungan nutrisi yang juga baik untuk kesehatan tulang.

Perlu kamu ketahui, setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 800 miligram kalsium. Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai yang merupakan bahan utama tahu, bermanfaat dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause.

7. Keju.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Seperti yang kamu tahu produk olahan susu mempunyai banyak manfaat untuk tulang, termasuk keju. Tidak hanya jenis keju cheddar, hampir semua jenis keju seperti mozarella dan parmesan juga menjadi sumber makanan yang memiliki kalsium tinggi.

Sehingga menjadikan keju sebagai salah satu makanan yang baik untuk perkembangan tulang. Meskipun hampir semua keju bermanfaat untuk tulang, namun keju parmesan lebih unggul untuk manfaat ini. Setiap 30 gram keju parmesan terdapat kalsium sekitar 330 miligram, atau setara dengan 33 persen asupan kalsium harian yang disarankan.

8. Buah plum kering.

Makanan untuk kesehatan tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Buah yang mirip dengan anggur ini juga nggak boleh kamu lewatkan. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah plum kering setiap hari dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda dengan memperlambat kerusakan tulang di tubuhmu. Jadi gimana, kamu tertarik untuk mencoba buah plum kering?