Di slide pertama dalam postingan, @Ayayawae memperlihatkan catatan tentang kelahirannya yang dibuat oleh sang ibu. Di sana tertulis nama Alliya Imani Zahra yang lahir pada 27 Juli 1999. Sang ibu sampai mencatat jam hingga posisi sang anak ketika lahir di dunia.

Dalam catatan juga tertulis kalau kening dan kepala anaknya terkena air ketuban yang pecah, sehingga tampak warna putih kehijauan pada wajah si anak.

"Lengkap pwoool@ Lgsg kebayang lahiran ya wak," ujar Alliya dalam keterangan lainnya.

kenangan dalam catatan © TikTok

foto: TikTok/@Ayayawae

Bukan cuma proses persalinan yang dicatat, semua kebutuhan bayi pada saat itu ditulis oleh ibunya sampai detail. Mulai dari peralatan mandi, peralatan tidur, dan macam-macam. Diceritakan oleh Alliya, semua kebutuhan ini sudah dicicil sejak awal kehamilan agar semua bisa ke beli.

"Kata ibu belinya udh dicicil dari awal hamil. Soalnya kl nunggu 7 bln uangnya gak cukup. Gaji bapa sbagai PNS masih kecil katanya," kata Alliya.

kenangan dalam catatan © TikTok

foto: TikTok/@Ayayawae

Ketika baru berusia kurang lebih satu tahun, sang ibu menuliskan tentang pertumbuhan anaknya. Rupanya sang anak suka sakit dan mengalami banyak gejala seperti demam, flu, batuk, dan sebagainya. Namun begitu, Alliya kecil sudah mulai bisa merangkak, belajar duduk dan berdiri.

Di catatan itu juga tertulis momen ulang tahun pertama beserta hadiah yang didapat Alliya. Dia mendapatkan kado berupa uang sebesar Rp 10 ribu dari ayahnya. Tak hanya itu dia mendapatkan hadiah juga dari budenya.

"Ulang tahun pertama, bapak kasih uang Rp 10.000 Ibu beliin baju. Bude ulfah bikinin nasi tim, wah enak! mbak ia doyan banget, doyan apa lapar yaaa...." begitu isi salah satu catatan sang ibu.

kenangan dalam catatan © TikTok

foto: TikTok/@Ayayawae

Bukan cuma momen penting dan bersejarah saja yang dicatat oleh sang ibu. Ada kalanya sang ibu menuliskan peristiwa lucu yang dialami anaknya itu. Seperti ketika Alliya tidak mau sekolah dan ditakut-takuti oleh neneknya akan jadi tukang jamu kalau tidak berangkat sekolah.

"Slalu, kl mls masih inget anceman dijadiin tkg jamu ini sm almarhum eyg wkwk Padahal why not? Kan keren jd bisnis women," kata Alliya.

kenangan dalam catatan © TikTok

foto: TikTok/@Ayayawae

Pada ulang tahun ke-5 dan ke-6, ibunya masih rajin menulis untuk anaknya. Di setiap catatan itu, Ibu dari Alliya tak pernah lupa menuliskan doanya untuk sang anak. Di mana dia berharap agar putrinya menjadi anak soleha dan selalu menurut orang tua.

Sang ibu bahkan menceritakan tentang momen ketika mereka nonton bioskop pertama kali. Saat itu ibunya mengajari Alliya cara membeli tiket sampai bagaimana caranya bisa sampai rumah.

"Ultah ke 6 wow wow woow udh remebs guys. Pertama kali ke bioskop. Diajarin ibu dr beli tiket-selesai plg hrs gmn," lanjutnya.

kenangan dalam catatan © TikTok

foto: TikTok/@Ayayawae

Melihat catatan yang dibuat oleh ibunya, Alliya berharap dia bisa jadi seperti sang ibu yang selalu perhatian akan hal-hal kecil kepada anak.

"Dan masih banyak lagiiii. Smoga soon bs jadi ibu kyk ibu, detail dan sweet abis ya waaak wkwkwk baca di umur segini rasanya (emot sedih dan tertawa)," ujar Alliya.

Postingan TikTok yang pada Senin (18/9) itu sudah ditayangkan lebih dari 1 juta kali. Slide foto yang diunggah itu mampu membius perhatian warganet. Mereka juga meninggalkan respons beragam di kolom komentar.

The real harta Karun sii ini," kata Eqkaa 22.

Sebuah biografi yg komplit, tinggal anaknya yg mengisi seterusnya... ibu yg hebat," puji mas mono.

"Tulisan org dulu cantik dn rapih, tanda tangan org dulu juga unik," timpal okidoki.

Ya Allah pengen banget begini bisa ga ya konsisten nulis pasti bakal jadi kenangan banget & kapan2 bisa di baca2 untuk mengingat kembali," ujar MutiaraLW.

Semua ibu hebat. tp ibumu sweet bgt kak.." komentar Inma Aska.