Selain kursi, bagian interior kereta juga akan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Tak cuma itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk.

Didiek menargetkan, kegiatan untuk memodifikasi rangkaian kereta ekonomi akan selesai pada tahun ini. Dia berharap dalam waktu dekat pelanggan kereta ekonomi akan merasakan pengalaman yang berbeda, dan pastinya lebih nyaman.

Penampakan baru kursi KA ekonomi TikTok

foto: TikTok/@iqbal1299

"Karena kita lihat taraf hidup masyarakat meningkat, daya beli meningkat, dan kita ingin meningkatkan kualitas pelayanan," ucapnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menambahkan, sudah ada empat gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi. Melalui modifikasi ini, jumlah kursi yang tadinya berkapasitas 80 tempat duduk, kini menjadi 72 tempat duduk, sehingga memberikan kesan yang lebih luas.

"Keunggulan lainnya yaitu kursinya dapat disandarkan (reclining) dan diputar (revolving) seperti kursi pada kereta eksekutif," ungkapnya.

Penampakan baru kursi KA ekonomi TikTok

foto: TikTok/@iqbal1299

Rencana tersebut pun sontak membuat warganet heboh karena penampakan kursi di kereta ekonomi ini sudah banyak yang tersebar viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun TikTok @iqbal1299.

Dalam video yang telah ditonton 700 ribu kali ini, terlihat penampakan kursi baru dalam gerbong kereta ekonomi. Dengan warna biru, potret kursi yang baru di gerbong KA ekonomi ini sudah berubah bak kursi eksekutif. Kursi tersebut diketahui bisa disandarkan dan juga bisa diputar 180 derajat.

Penampakan baru kursi KA ekonomi TikTok

foto: TikTok/@iqbal1299

Jadi buat kamu yang bepergian jarak jauh menggunakan kereta ekonomi, tak perlu takut leher pegal-pegal dan nggak perlu canggung berhadap-hadapan dengan penumpang lain ataupun dengkul yang saling sikut-sikutan.

 

@iqbal1299 Replying to @WhoTFrU? Kereta Ekonomi Kemenhub Modif terbaru kursinya bisa putar? Bisa dong tentunya. #ekonomikemenhub #keretaekonomiterbaru #kai #keretaapiindonesia #kaiuntukindonesia #fyp #xyzbca original sound - Iqbal | Ngiderin with Transum