Brilio.net - Supervisor adalah manajer pada tingkat bawah yang berurusan dengan pelaksanaan pekerjaan secara langsung dengan mengoordinasikan pelaksanaan tugas melalui pengarahan dan umpan balik atau feedback yang efisien dan efektif. Supervisor mengoordinasikan pekerjaan karyawan dengan mengarahkan, melancarkan, membimbing, memotivasi, dan mengendalikan sistem kerja secara efektif. Supervisor juga menjadi bagian dari manajemen perusahaan yang berperan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), supervisor adalah pengawas utama, pengontrol utama, atau penyelia. Nah untuk memahami lebih jauh mengenai supervisor dan perannya dalam sebuah perusahaan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (4/8).

Definisi supervisor.

definisi supervisor dan tanggung jawabnya © berbagai sumber

foto: Jase Bloor/Unsplash

Secara etimologi, supervisor berasal dari bahasa Inggris yaitu super yang berarti di atas dan vision yang berarti penglihatan atau melihat. Supervision dapat dimaknai sebagai penglihatan dari atas. Arti kata supervisi tidak bisa dimaknai secara harfiah sebagai kegiatan melihat orang lain dari atas, namun lebih kepada makna mengawasi yang dilakukan oleh orang yang memiliki jabatan tinggi ke orang yang memiliki jabatan lebih rendah.

Para supervisor menghadapi berbagai bentuk tantangan dan harus cepat tanggap dalam menghadapi tekanan dari berbagai pihak. Salah satu tantangan supervisor saat ini adalah mendorong karyawan agar lebih efisien dan produktif. Supervisor berperan untuk memberikan dorongan, bimbingan atau pengarahan dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian dan kecakapan karyawan dalam usaha pelaksanaan produktivitas kerja. Terdapat beberapa definisi supervisor menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Imam Soeharto, supervisor adalah seseorang yang bertugas dan berhubungan langsung dengan pengelolaan tenaga kerja, memimpin para karyawan dalam pelaksanaan tugas termasuk menjabarkan serta mengoordinasikan dengan rekan lain yang terkait.

2. Sarwoto mendefinisikan supervisor sebagai seseorang yang bertugas mengawasi suatu kelompok secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan rutin dan konkret demi mencapai tujuan organisasi.

3. Moekijat mengungkapkan jika supervisor merupakan anggota perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan kelompoknya kepada tingkatan manajemen yang lebih tinggi.

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa supervisor adalah pemimpin yang menduduki posisi manajemen terdepan dalam level organisasi. Supervisor memiliki peran strategis dalam sebuah perusahaan untuk menentukan pelaksanaan perencanaan perusahaan terutama dalam mengadakan hubungan langsung dengan pegawai.

 

(brl/tin)