Brilio.net - Sumber daya alam atau kependekan dari SDA, merupakan segala sesuatu yang bersumber dari alam sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kehidupan manusia. Sumber daya alam dan lingkungan memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan pembangunan dan kehidupan bangsa.

Sumber daya alam mencakup beberapa bidang sebagai penyedia pangan, energi, air, dan penyangga sistem kehidupan. Adanya sumber daya alam menjadi salah satu modal utama pembangunan untuk meningkatkan daya saing ekonomi sekaligus menjaga kualitas lingkungan hidup.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Maka dari itu, sumber daya alam tidak bisa dimanfaatkan secara besar-besaran, sebab perlu adanya pelestarian dan tanggung jawab guna menjaga kebutuhan pada masa yang akan datang.

Lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai pengertian, prinsip, dan klasifikasi sumber daya alam, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/6).