United Kingdom.

United Kingdom atau Kerajaan Inggris Raya adalah sebuah gabungan negara-negara di di kawasan Britania Raya dan Pulau Irlandia. Nama resmi dari kerajaan ini adalah The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (Kerajaan bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara).

ini penjelasan bedanya Inggris, United Kingdom, dan Britania Raya Berbagai sumber

foto: Google Earth

United Kingdom atau UK punya sejarah panjang dalam pembentukannya sejak abad 16 silam. Awalnya, kerajaan ini hanya terdiri dari negara Inggris saat ini. Sejak undang-undang penyatuan pada 1 Januari 1801, UK terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.

Meski begitu, Irlandia terpecah setelah bagian selatan pulau tersebut memisahkan diri menjadi negara Republik Irlandia sebagai negara merdeka. Sementara bagian Utara, Irlandia Utara masih bergabung bersama UK.

United Kingdom masih dipimpin oleh Monarki yakni seorang raja. Raja Charles III kini memimpin tahta setelah Ratu Elizabeth II yang telah menjadi pimpinan sejak UK sejak 1952 meninggal dunia pada 2022.

ini penjelasan bedanya Inggris, United Kingdom, dan Britania Raya Berbagai sumber

foto: pixabay.com

United Kingdom telah memainkan banyak peran pada era kolonialisme saat negara-negara jajahannya turut dijadikan sebagai bagian dari kerajaan ini yang kemudian disebut sebagai Imperium Britania.

Setelah era kolonialisme berakhir, negara bekas jajahan Inggris ada yang menjadi negara merdeka, ada pula yang masih berhubungan dengan status negara persemakmuran, protektorat, mandat, serta dominion.