Solo, Surakarta, dan Kartasura

Sering ketukar karena punya banyak nama © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Dihimpun dari situs Kota Surakarta, Solo merujuk pada nama populer kota Surakarta. Sedangkan Surakarta adalah nama administratif resmi kota Solo. Dengan demikian Solo dan Surakarta memiliki arti yang sama. Namun, masing-masing nama ini memiliki sejarahnya sendiri. Nama Solo berasal dari nama kota "Sala". Sala dulunya adalah sebuah desa Perdika yang dijalankan oleh Kiai bernama Ki Gede Sala atau dikenal dengan Kyai Sala.

Pada masa penjajahan, orang Belanda sulit melafalkan Sala dengan huruf "a". Kemudian ubah menjadi "o" sehingga pengucapannya menjadi Solo, bukan Sala. Jadi, Surakarta adalah nama resmi daerah tersebut, sedangkan Solo adalah nama panggilan khas. Oleh karena itu, kamu tidak akan menemukan kota Solo saat mencarinya di peta, karena nama yang tertulis adalah kota Surakarta.

Sedangkan Kartasura merupakan nama sebuah kecamatan di Sukoharjo. Kebetulan, Kartasura berada di sebelah barat Surakarta atau Solo. Kartasura menjadi titik temu arus lalu lintas dari tiga kota besar yakni Solo, Jogja dan Semarang. Kartasura dulunya adalah wilayah pusat kerajaan, yang istananya dipindahkan ke kota Sala.

Solo dan Solo Baru

Sering ketukar karena punya banyak nama © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@fajrinasatu844

Lalu apa perbedaan Solo dan Solo Baru? Jika Solo dan Surakarta adalah daerah yang sama, maka Solo Baru berbeda. Solo Baru itu nama daerah di Kabupaten Sukoharjo. Menurut situs Kota Surakarta, awalnya nama Solo Baru tidak dipilih untuk kawasan tersebut melainkan Grogol Indah, Grogol Permai, Sukoharjo Indah dan Sukoharjo Permai.

Namun saat keputusan diambil, maka nama Solo Baru banyak dipilih untuk kawasan tersebut. Solo Baru juga dikenal sebagai kawasan bisnis dan pemukiman moderen di Kabupaten Sukoharjo. Solo Baru termasuk dalam wilayah Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Tempat ini berada persis di sebelah kota Solo yang ditandai dengan pintu masuk antara kota Solo dan Solo Baru.

Solo adalah nama panggilan umum untuk kota Surakarta dan Surakarta adalah nama resmi daerah tersebut. Selain itu, Solo Baru merupakan kawasan di Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan dengan Surakarta.