Brilio.net - Di Indonesia, terdapat kota yang berbeda provinsi, namun memiliki nama yang diucapkan dengan lafal hampir mirip. Dua di antaranya adalah Purwakarta dan Purwokerto. Terdengar mirip, ternyata masih banyak orang yang belum bisa membedakan daerah ini. Lantaran namanya mirip, banyak yang mengira jika Purwakarta dan Purwokerto adalah daerah yang sama.

Padahal, dua daerah ini terletak di provinsi yang berbeda. Kabupaten Purwakarta terletak di Jawa barat dan berbatasan dengan beberapa wilayah penting, seperti Subang, Karawang dan Bandung. Mayoritas masyarakat di sana menggunakan bahasa Sunda untuk berkomunikasi sehari-hari.

purwakarta dan purwokerto © Instagram

foto: Instagram/@alfie_dra.22 via Instagram/@explorepurwakarta

Sedangkan Purwokerto sendiri merupakan kota yang terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Purwokerto merupakan ibu kota pusat pemerintahan Banyumas. Adapun bahasa yang digunakan masyarakat di sana bahasa Jawa Ngapak, yang sedikit agak kasar dibanding bahasa Jawa dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Rupanya, nama Purwakarta dan Purwokerto sama-sama diambil dari bahasa Sanserkerta. Hal tersebut diungkapkan sebuah channel YouTube 'BanyumasRaya.id'. Lewat salah satu unggahannya, channel YouTube yang membahas serba serbi Banyumas ini, menjelaskan sejarah terbentuknya nama Purwokerto hingga kemiripannya dengan Purwakarta yang membuat banyak orang suka keliru.

"Menurut Sugeng Priyadi, sejarawan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, bentuk kerta lebih kuno daripada karta. Karena sepenggal kata kerta itu adalah bahasa Sanksekerta yang sudah dirujuk menjadi bahasa Jawa kuno. Dengan demikian, Purwokerto memang berasal dari Purwakerta yang memiliki arti yang disusun pada waktu itu permulaan," jelasnya, dikutip brilo.net pada Minggu (8/10).

Nama Purwokerto merupakan kecelakaan sejarah