purwakarta dan purwokerto © Instagram

foto: Instagram/@far_haaannn via Instagram/purwokertocity_

Dalam akun tersebut, juga dijelaskan asal muasal nama Purwokerto hingga akhirnya memiliki kemiripan dengan Purwakarta. Rupanya, Purwokerto awalnya bernama Purwakerta. Namanya berubah mengikuti perubahan nama yang terjadi di Yogyakarta dan Surakarta.

"Sebenarnya nama Purwokerto merupakan kecelakaan sejarah dan keterpaksaan. Sebab, saat Yogyakerta menjadi Yogyakarta dan Surakerta menjadi Surakarta, maka seharusnya Purwakerta berubah menjadi Purwakarta," jelasnya.

Namun, perubahan nama Purwakarta tidak bisa diteruskan, lantaran akan terjadi tumpang tindih. Bukan tanpa sebab, saat perubahan tersebut terjadi, Purwakarta yang merupakan salah satu kota di Jawa Barat sudah lebih dulu menggunakan nama tersebut. Akhirnya, nama Purwakerta pun berubah jadi Purwokerto sesuai pengucapan bahasa Jawa.

"Oleh sebab itu lah, Purwakerta tidak berubah jadi Purwakarta. Tetapi menjadi Purwokerto sesuai pengucapan gaya bahasa Jawa Jogja-Solo," tuturnya.

Sementara itu, dalam buku yang ditulis Budiono Herusatoto berjudul Banyumas: Sejarah, Bahasa, Seni, Watak, dan Budaya, nama Purwokerto tercipta dari nama makan Astana Dhuwur. Sedangkan nama Purwakarta diambil dari kata karta pada Mbah Karta dan karti pada Kyai Kartisura.

"Penyebutan kata Purwokerto merupakan suatu kesenjangan masyarakat untuk membedakan daerah Purwakarta yang berada di Jawa Barat," ungkapnya.