Brilio.net - Pada malam hari, sepeda menjadi kendaraan yang rawan kecelakaan karena tidak dilengkapi lampu memadai untuk menandai keberadaannya. Berbeda dengan motor dan mobil yang lebih mudah ditandai keberadaannya dari jarak pandang tertentu.

Sebuah inovasi terbaru memastikan keamanan berkendara dengan sepeda pada malam hari. Produsen keluaran pabrik ban asal Prancis, Michelin, ini bernama Bikesphere. Di antara setangnya terdapat bola laser. Ada tiga daerah yang diberi cahaya oleh bola laser ini, yaitu belakang, depan, dan cahaya bergerak yang melingkari sepeda.

Berikut ini adalah cara kerja lampu anti kecelakaan itu, seperti dirilis dari Design Boom.

1. Sensor cahaya dan detektor kedekatan akan menganalisis lingkungan pengendara sepeda dan mengubah intensitas gerak putarnya tergantung pada situasi.

Bikesphere  © 2017 Design Boom

Loading...

2. Seandainya mobil mendekat, Bikesphere akan mengintensifkan proyeksi laser sebagai peringatan untuk pengendara sepeda maupun lendaraan yang mendekat.

Bikesphere  © 2017 Design Boom

3. Dengan proyeksi sorotan merah itu, bikesphere memungkinkan pengemudi kendaraan yang mendekat untuk bereaksi dengan benar dalam waktu yang cukup.

Bikesphere  © 2017 Design Boom

4. Di siang hari atau di tempat-tempat yang pencahayaannya baik, bikesphere hanya mengaktifkan lampu utama, untuk menghemat baterai pada malam hari. Begitu mulai gelap, bola laser mulai memberi perlindungan dengan perisai cahaya yang berputar-putar di sekitar pengendara sepeda, yang mudah dilihat oleh pengemudi dari jarak jauh.

Bikesphere  © 2017 Design Boom

5. Bikesphere adalah produk pertama yang dikeluarkan dari gerakan 'trendy driver' Michelin, yang berusaha mengurangi kecelakaan di jalan.

Bikesphere  © 2017 Design Boom

Berikut adalah video penjelas tentang cara kerja sepeda ini.