Brilio.net - Merayakan hari kelahiran bak budaya yang sudah dijalankan banyak orang hampir di seluruh dunia. Perayaan ulang tahun menjadi momen spesial, momen tersebut terdapat kegembiraan, kedekatan dengan berbagai pihak dan juga berbagai harapan serta doa bagi yang merayakan.

Bagi sebagian orang yang memiliki rezeki berlimpah, tak segan-segan mereka membuat pesta besar untuk merayakan hari jadinya itu. Menyewa gedung mewah, mengundang tamu-tamu penting, dan lainnya.

Berbicara mengenai perayaan ulang tahun, tentunya tak pernah lepas dari lagi selamat ulang tahun atau happy birthday to you. Lagu ini menjadi hal yang wajib dinyanyikan saat perayaan berlangsung.

Meski banyak yang menyanyikannya, ternyata tidak banyak yang mengetahui sejarah dari lagu tersebut. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, lagu selamat ulang tahun sudah ada sejak 1893.

Awalnya judul lagu selamat ulang tahun ini bukan Happy Birthday To You, melainkan Good Morning to All yang diciptakan oleh oleh Mildred Hill, seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Good morning to you,
Good morning to you,
Good morning, dear children,
Good morning to all.

Lagu ini dicipatakan oleh Mildred Hill untu menyambut kedatangan anak-anak di sekolah. Menariknya, lagunya ini bahkan masuk dalam buku deretan lagu anak-anak di Amerika Serikat. Lagu ini menjadi begitu terkenal dan menjadi lagu wajib bagi setiap murid TK setiap paginya.

2 dari 2 halaman

Menjadi begitu terkenal, sang adik pencipta lagu Good Morning, yakni Patty Hill, memiliki ide lainnya. Ia ingin menciptakan lagu yang bisa dinyanyikan anak-anak ketika mereka merayakan hari jadinya. Ia pun mengubah lirik Good Morning menjadi Happy Birthday to You.

Happy birthday to you
Happy birthday to you
Happy birthday, Happy birthday
Happy birthday to you

Pada 1924, lirik Happy Birthday mulai dipublikasikan. Sejumlah radio dan film juga mulai mengumandangkannya. Lagu dengan judul happy birthday ini pertama kali dipakai di pertunjukan Broadway "As Thousand Cheer" pada 1931. Lagu ini juga pernah menjadi nada telegram Western Union pada 1933.

Meski memiliki lirik yang pendek, lirik yang diubah oleh seorang musikolog dari Amerika Serikat itu berhasil menarik perhatian bahkan berhasil mendunia. Bahkan hingga kini lagu itu tidak dilupakan dan terus dinyanyikan orang ketika mereka merayakan hari jadinya.

Ada hal menarik lainnya mengenai lagu Happy Birthday to You. Seiring ketenarannya dan sudah banyak yang menyanyikan lagu tersebut, adik ketiga Hills, yakni Jessica mulai berpikir untuk mematenkan hak cipta kedua kakaknya itu. Namun sayang ia tidak mengajukan hak cipta itu sampai pada tingkat federal.

Sampai akhirnya lagu "Happy Birthday to You" diterbitkan oleh perusahaan Clayton F. Summy pada 1935. Lalu pada 1988, Warner Music mengklaim bahwa pihaknya telah membeli hak cipta lagu "Happy Birthday to You" tersebut dari Hill bersaudara dan mengambil keuntungan hingga USD 2 juta setiap tahunnya.

Keuntungan besar itu tentu saja cukup mengiurkan, sehingga membuat sejumlah pihak mulai merebut hak cipta lagu tersebut. Dari sejarah yang ada, tak sedikit yang berpendapat bahwa hak cipta lagu Happy Birthday to You merupakan milik umum. Sehingga kepemilikan lagu masih simpang siur.