Brilio.net - Pecinta musik Tanah Air pasti sudah tak asing lagi dengan lagu berjudul 'Surat Cinta Untuk Starla'. Lagu yang dipopulerkan sekaligus ditulis oleh Virgoun Putra Tambunan ini cukup melekat di telinga pendengar musik. Nama Virgoun sendiri mulai dikenal oleh khalayak luas melalui grup band 'Last Child'.

Lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' ini merupakan lagu yang cukup populer. Lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' ini banyak dicover atau dinyanyikan ulang oleh banyak warganet. Lagu ini pertama kali diluncurkan pada 2016 lalu.

Di luar perkiraan, lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' ini akhirnya menjadi lagu paling hits di tahun 2016. Tak berhenti di situ, lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' ini masih sering diputar di radio maupun masuk playlist musikmu. Tak cuma itu, lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' juga telah banyak mendapatkan penghargaan. Bahkan video lirik lagu ini sudah ditonton lehih dari 258 juta pasang mata di channel YouTube.

Selain musik dan liriknya yang cukup mengena di hati, ternyata lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' ini memiliki makna yang sangat dalam. Lagu tersebut memang dipersembahkan Virgoun untuk orang tercinta. Virgoun menuliskan lirik demi lirik ini ditulis dari hati yang paling dalam.

Kalau menurut Virgoun sendiri, lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' dipersembahkan untuk anaknya yang bernama Starla. Setiap orang bisa memaknai lagu tersebut sesuai perasaan masing-masing. Tak harus dari ayah ke anak, namun juga bisa untuk sang kekasih. Lagu ini memang erat kaitannya dengan seseorang yang begitu mencintai pasangannya.

Loading...

Nah selain yang dibahas di atas, ada makna lain yang tersirat di balik lagu yang cukup hits. Dilansir brilio.net dari Bintang pada Jumat (9/11), Virgoun mengungkapkan ada makna tersirat dari lagu 'Surat Cinta Untuk Starla'.

Sejak tahun 2008, Virgoun sangat ingin punya lagu dengan diiringi mesin ketik. Namun saat itu dia belum menemukan ide lagu apa yang cocok untuk dibawakannya. Akhirnya Virgoun menemukan ide, lagu apa yang akan ditulisnya dan bisa diiringi dengan mesin ketik, ketika anak pertamanya lahir.

"Gue nulis lirik ini se-universal mungkin, bisa dipakai buat pasangan, bisa ke Tuhan karena gue menulis "Tlah habis sudah cinta ini, tak lagi tersisa untuk dunia," itu sufismenya lebih ke Tuhan sebenarnya kalau orangnya nyampe sastranya, jadi temanya, dasarnya adalah lagu cinta yang universal dan doanya adalah gue kasih nama anak gue biar rezeki anak gue," ungkap Virgoun kepada Bintang.com yang brilio.net kutip pada Jumat (9/11).

Mungkin cerita ini sudah banyak yang tahu. Lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' merupakan persembahan Virgoun untuk anaknya. Menurut Virgoun itu nggak salah, karena memang ide tersebut didapat setelah putri kecilnya lahir.

Virgoun menjelaskan kronologi di balik pembuatan lagu 'Surat Cinta Untuk Starla'. Ide pembuatan telah ada sejak tahun 2008 kemudian suami dari Inara ini akhirnya menemukan potongan lirik di tahun 2013. Saat menemukan potongan lirik yang tersusun sampai bagian reff, keinginan Virgoun untuk menciptakan lagu dengan musik mesin ketik akhirnya disatukan. Lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' akhirnya tersusun dengan ciamik.

Virgoun menciptakan lirik lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' ketika usianya menginjak 25-26 tahun. Saat itu, Virgoun belum memiliki kekasih atau pujaan hati. Virgoun pun menyimpan lagu tersebut hingga akhirnya menikah dan dikaruniai buah hati bernama Starla.

Namun di balik itu, ada makna lain yang tersirat pada lagu 'Surat Cinta Untuk Starla.' Virgoun menyebut lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' merupakan ungkapan cinta yang maknanya lebih kepada Tuhan. Virgoun mengungkapkan rasa cinta dari hatinya untuk sang pencipta. Hal tersebut tersirat dalam penggalan lirik berikut ini.

"Telah habis sudah cinta ini

Tak lagi tersisa untuk dunia

Karena tlah kuhabiskan

Sisa cintaku hanya untukmu," penggalan lirik ciptaan Virgoun.

Virgoun mengungkapkan cinta yang tergambar dalam lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' lebih bernuansa religi. Virgoun menggambarkan sudah tidak memilikirkan dunia lagi, karena lebih menunjukkan cintanya ke Tuhan.

Ternyata lagu 'Surat Cinta Untuk Starla' mengandung makna yang lebih religi ya. Kalau kamu memaknai lagu ini seperti apa? Mungkin kamu bisa menyanyikan lagu dengan mengikuti lirik berikut ini.

Lagu Surat Cinta Untuk Starla - Virgoun

Teruntuk kamu hidup dan matiku

Aku tak tahu lagi harus dengan kata apa aku menuliskannya

Atau dengan kalimat apa aku mengungkapkannya

Karna untuk kepergian kalinya

Kau buat aku kembali percaya akan kata cinta

Dan benar bahwa cinta masih berkuasa diatas segalanya

Ketika hati yang mudah rapuh ini

Diuji oleh duniawi diuji oleh materi

Untuk kesekian kali lagi lagi dan lagi

Ku tuliskan kenangan tentang

Caraku menemukan dirimu

Tentang apa yang membuatku mudah

Berikan hatiku padamu

Takkan habis sejuta lagu

Untuk menceritakan cantikmu

Kan teramat panjang puisi

Tuk menyuratkan cinta ini

Telah habis sudah cinta ini

Tak lagi tersisa untuk dunia

Karena tlah kuhabiskan

Sisa cintaku hanya untukmu

Aku pernah berpikir tentang

Hidupku tanpa ada dirimu

Dapatkah lebih indah dari

Yang kujalani sampai kini

Aku slalu bermimpi tentang

Indah hari tua bersamamu

Tetap cantik rambut panjangmu

Meskipun nanti tak hitam lagi

Bila habis sudah waktu ini

Tak lagi berpijak pada dunia

Telah aku habiskan

Sisa hidupku hanya untukmu

Dan tlah habis sudah cinta ini

Tak lagi tersisa untuk dunia

Karena tlah kuhabiskan

Sisa cintaku hanya untukmu

Untukmu

Hidup dan matiku

Bila musim berganti

Sampai waktu terhenti

Walau dunia membenci

Ku kan tetap disini

Bila habis sudah waktu ini

Tak lagi berpijak pada dunia

Telah aku habiskan

Sisa hidupku hanya untukmu

Tlah habis sudah cinta ini

Tak lagi tersisa untuk dunia

Karena tlah kuhabiskan

Sisa cintaku hanya untukmu

Karena tlah kuhabiskan

Sisa cintaku hanya untukmu