Brilio.net - Sumpah Pemuda ialah tonggak pergerakan kemerdekaan Indonesia yang dipelopori oleh para pemuda. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober, tepat pada Kongres pemuda yang dilakukan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia. Salah satu tokoh yang terkenal pada Kongres Pemuda tersbeut ialah Moehammad Yamin.

Kongres pemuda menghasilkan sebuah sumpah yang dinamai Sumpah Pemuda. Ada yang masih ingat? Berikut isi sumpah pemuda:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Loading...

Salah satu poin sumpah pemuda ialah menjunjung Bahasa Indonesia. Namun kenyataannya kini banyak pemuda yang justru tidak paham Bahasa Indonesia. Lebih dari itu, mereka merasa lebih keren jika memakai bahasa asing.

Nah baru-baru ini beredar video yang nampol abis dari akun Twitter @radenrauf. Dalam video tersebut, lagu Rhoma Irama berjudul 'Judi' diparodikan dalam Bahasa Inggris. Nah yuk simak videonya berikut ini.

Ternyata lagu Rhoma Irama bertajuk 'Judi' menjadi aneh jika dinyanyikan dalam bahasa asing. Dalam video tersebut, seseorang yang berperan sebagai produser dalam video menyarankan untuk memakai bahasa Indonesia saja. Pemeran Ani juga mengingatkan bahwa salah satu poin sumpah pemuda ialah menjunjung bahasa Indonesia.

Video ini pun mendapat beragam reaksi dari warganet.

"Too mu-uch (TER LA LU)," cuitan akun Twitter ‏@risfan_07.

"literally aku tida wicis wicis an kok..," ujar akun Twitter @temOnfire.

"Tetap lebih suka yang pakai bahasa Indonesia :((," kata akun Twitter @mirzamarb.