Brilio.net - Memasuki bulan Ramadan, tidak jarang berbagai sirkel pertemanan akan mengajak buka bersama alias bukber. Bagi sebagian orang, buka bersama ini jadi momen yang dinantikan karena bisa jadi ajang reuni bersama teman. Namun ternyata ada juga yang menganggap bukber tidak terlalu penting karena hanya menjadi ajang pamer pencapaian.

Hal ini jelas berbeda dengan sirkel pertemanan yang satu ini. Bukber mereka memang bermaksud untuk menjalin kebersamaan dan mempererat hubungan pertemanan. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @nityaputri.

Diketahui bahwa sirkel pertemanan ini berasal dari kampus yang sama, yaitu Universitas Nasional. Mereka serentak menjadi mahasiswa baru di jurusan Ilmu Komunikasi tahun 2012. Sejak tahun itu juga mereka sudah mengadakan bukber.

bukber selama 12 tahun © TikTok

foto: TikTok/@nityaputri

Tak berhenti pada tahun pertama. Tradisi bukber bersama dengan teman seangkatan ini mereka lanjutkan hingga tahun-tahun berikutnya. Biasanya jika lulus kuliah orang akan sibuk pada kehidupan masing-masing. Sehingga sulit sekali mengadakan pertemuan meski hanya setahun sekali saat Bukber.

Namun tidak dengan kumpulan orang ini. Dari 2012 mereka konsisten mengadakan bukber dengan teman kelasnya selama 12 tahun. Terakhir bukber yang diadakan ada pada tahun ini 2024. Sirkel mereka diketahui berjumlah 20 orang.

Akun @nityaputri memposting seluruh foto bersama mereka sejak 2012. Terlihat banyak perubahan diantara semuanya. Mulai dari fisik masing-masing orang hingga kualitas kameranya. Terlihat juga penambahan personel yang dimana dari mereka sudah banyak memiliki buah hati.

bukber selama 12 tahun © TikTok

foto: TikTok/@nityaputri

"Dari dokumentasi foto pake blackberry, sample kamera xiaomi gopro-goproan, SLR, mirrorless, sampai iphone aja cukup. Nggak gampang bruh se-geng kampus 20 orang. Setiap ngumpulin acara gini auto leher berurat," katanya di caption.