Brilio.net - Gaya hidup zero waste kini mulai semakin ramai dilakukan banyak orang di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Gaya hidup yang mulai mencuri perhatian beberapa waktu lalu ini menekankan seseorang untuk hidup bebas sampah.

Ya, sesuai dengan namanya, gaya hidup satu ini mendorong orang-orang untuk mengurangi memproduksi sampah sebanyak mungkin. Salah satu cara yang sering dilakukan para pelaku gaya hidup zero waste ini adalah dengan menghindari menggunakan plastik sekali pakai.

Selain itu, ada juga gerakan 5R yaitu, refuse, reduce, reuse, recycle, dan rot yang bisa dipraktikkan. Tentunya hal ini dilakukan semata-mata untuk melindungi dan menjaga bumi dari kerusakan yang semakin parah.

Untuk memulai gaya hidup zero waste, kamu bisa menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang kali. Nah, untuk memudahkanmu kali ini brilio.net punya beberapa rekomendasi toko online yang menjual produk-produk zero waste. Penasaran? Yuk simak di bawah ini sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/8).

1. Sustaination.

zero waste online © 2019 Instagram

foto: Instagram/@sustaination

Salah satu toko online favorit pejuang sustainable living ini menjual banyak barang zero waste. Mulai dari menstrual cup, essential oils, sapu tangan katu, hingga solid perfume atau parfum padat natural. Nggak cuma belanja online, kamu juga bisa nambah ilmu saat membuka webstore-nya. Oh ya, belanja di Sustaination, barang akan dikirim dari Depok dan paket yang kamu terima juga akan bebas plastik, lho.

2. Growgrin.

zero waste online © 2019 Instagram

foto: Instagram/@growgrin.id

Toko online minim sampah plastik ini punya berbagai produk zero waste yang lengkap. Mulai dari produk hygiene, cutlery, juga kebutuhan pribadi lainnya. Salah satunya seperti cotton buds yang gagangnya terbuat dari bambu. Growgrin mengirim barang dari Sleman dan selain via web kamu juga bisa belanja lewat e-commerce.

3. Zero Waste Indonesia.

zero waste online © 2019 Instagram

foto: Instagram/@zerowaste.id_official

Nah, kalau yang satu ini merupakan toko produk zero waste online yang sudah terkenal. Selain menjual berbagai produk ramah lingkungan seperti stainless straw dan sikat gigi bambu, Zero Waste Indonesia juga kerap menebar kampanye yang bermanfaat tentang gaya hidup bebas sampah.

4. Bumi Indonesia.

zero waste online © 2019 Instagram

foto: Instagram/@bumi.indonesia

Selain Growgrin, Bumi Indonesia juga termasuk toko zero waste online dengan kategori produk paling lengkap. Kamu bisa belanja berbagai kebutuhan, mulai dari barang perlengkapan rumah sampai makanan ringan sehat seperti gluten free snack. Untuk pemesanan online bisa melalui beberapa toko e-commerce dan barang akan dikirim dari Sidoarjo.

5. Warung 1000 Kebun.

zero waste online © 2019 Instagram

foto: Instagram/@warung1000kebun

Didirikan dengan prinsip menghadirkan produk lokal yang sehat dan berkelanjutan, Warung 1000 Kebun bisa jadi pilihan tepat untuk berbelanja produk zero waste. Meski didominasi oleh perlengkapan dapur seperti teh herbal, garam himalaya dan beras organik, toko ini juga mempunyai produk kecantikan dan kesehatan. Kamu bisa belanja online di Warung 1000 Kebun lewat toko e-commerce atau langsung berkunjung ke toko fisiknya di Jl. Boling No.26 Arcamanik Bandung.