Brilio.net - Regulasi adalah seperangkat peraturan untuk mengendalikan suatu tatanan yang dibuat agar bebas dari pelanggaran dan dipatuhi oleh semua anggotanya. Secara umum, regulasi adalah sebuah konsep abstrak dalam pengelolaan sistem yang kompleks sesuai dengan seperangkat aturan dan tren. Regulasi ada di berbagai bidang kehidupan masyarakat dengan fungsi utama regulasi adalah sebagai pengendali atau kontrol bagi setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia.

Oleh karena itu, regulasi sangat penting dalam menentukan langkah atau keputusan apa yang akan diambil. Bentuk regulasi yang paling umum adalah regulasi pemerintah dan swa-regulasi. Dalam peraturan pemerintah yang merupakan perpanjangan dari undang-undang, regulasi diartikan sebagai beberapa cara yang dapat dilakukan oleh badan bisnis atau individu untuk mengikuti hukum. Sedangkan swa-regulasi merupakan kendali atas hal khusus mengenai pemenuhan persyaratan legislatif minimum.

Untuk memahami lebih jauh mengenai pengertian regulasi, fungsi, dan jenisnya, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (14/6).

Pengertian regulasi.

pengertian regulasi, fungsi, dan jenisnya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Tingey Injury Law Firm

Regulasi berasal dari bahasa Inggris yaitu "regulation" yang memiliki arti sebagai "aturan". Regulasi adalah sebuah aturan yang dibuat oleh pemerintah atau otoritas lain untuk mengontrol perilaku seseorang atau perbuatan. Istilah regulasi sangat lekat dengan bidang pemerintahan dan bisnis.

Regulasi pemerintah adalah perpanjangan alami dari undang-undang untuk mengontrol perilaku atau perbuatan yang dilakukan oleh individu atau suatu badan bisnis. Sedangkan regulasi bisnis adalah aturan yang dikeluarkan untuk mengendalikan perilaku dalam berbisnis, baik aturan dalam bentuk batasan hukum, peraturan asosiasi perdagangan, regulasi industri, dan aturan lainnya.

Secara umum, regulasi adalah aturan-aturan yang mengikat baik dalam pemerintahan maupun bisnis. Regulasi dirancang melalui serangkaian proses, di mana masyarakat atau suatu lembaga menyepakati untuk terikat dan mengikuti aturan yang telah dibuat dalam rangka mencapai tujuan bersama. Adapun jika individu atau badan bisnis melanggar regulasi yang telah disepakati, maka akan dikenakan sanksi.