Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), podcast adalah sama dengan siniar yaitu siaran yang meliputi berita, musik, dan sebagainya dibuat dalam format digital baik audio maupun video yang diunduh melalui internet. Podcast juga dapat diartikan sebagai salah satu jenis konten audio digital yang diunduh kapan saja dan di mana saja. Saat ini podcast telah menjadi tren di kalangan anak muda baik di dunia maupun di Indonesia karena lebih fleksibel daripada siaran radio konvensional.

Podcast juga dapat memicu diskusi menarik di kalangan anak muda pada topik tertentu sehingga melahirkan interaksi sosial yang positif. Nah untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai podcast, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (18/7).

Pengertian podcast

podcast dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Austin Distel

Istilah podcast pertama kali digunakan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004. Istilah podcast sendiri merupakan sebuah singkatan dari play on demand and broadcast. Istilah tersebut kemudian diambil oleh salah satu produk Apple yaitu iPod dan merilis aplikasi Apple Podcasts. Sejak saat itu, podcast semakin berkembang hingga saat ini banyak sekali jenis aplikasi untuk membuat podcast seperti Anchor, Podbean, Castbox, dan Noice.

Pendapat lain menyebutkan bahwa podcast adalah proses distribusi file audio melalui internet dengan menggunakan RSS subscription. Produk audio dalam bentuk file tersebut diunggah ke internet dan nantinya dapat diunduh oleh siapa aja yang ingin mendengarkan. Belakangan, para penikmat podcast juga dapat berlangganan suatu channel podcast sehingga mereka dapat mengetahui perkembangan terbaru dari konten podcast tersebut. File podcast ini dapat diunduh ke dalam format MP3 player atau diputar di perangkat komputer.

Podcast juga tidak memiliki kriteria khusus terkait durasi, gaya, dan format penyampaian topik. Ada yang membuat podcast dalam format wawancara dengan narasumber dan ada pula yang melakukan monolog seorang diri. Selain itu, topik yang dibahas pada podcast juga cukup beragam mulai dari musik, traveling, film, cerita horor, hiburan, olahraga, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis podcast

podcast dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Soundtrap

Terdapat beberapa jenis konten podcast yang sering dijumpai di platform pembuat podcast yaitu sebagai berikut:

1. Podcast Interview
Seperti yang telah disinggung di atas, jenis podcast ini mengusung konsep wawancara dengan narasumber. Pada podcast jenis akan ada yang seseorang yang berperan sebagai host dan ada bintang tamu sebagai narasumbernya.

2. Podcast Solo
Podcast jenis ini dilakukan dalam bentuk monolog, yaitu seorang podcaster yang melakukan siaran seorang diri. Biasanya jenis podcast ini akan membahas mengenai opini pribadi podcaster mengenai suatu topik atau bahasan.

3. Podcast Multi-host
Podcast jenis ini biasanya diisi oleh dua orang host atau lebih sehingga terlihat lebih interaktif dan ramai. Biasanya, podcast multi-host sering dijumpai pada podcast dengan topik hiburan sehingga menimbulkan suasana yang fun. Podcast dengan topik diskusi terbuka juga biasanya akan diisi oleh beberapa host sehingga memunculkan banyak sudut pandang bagi pendengar.