Dari momen tersebut, perubahan drastis dialaminya saat bertemu seorang jamaah pengajian di sebuah masjid yang rupanya seorang pemilik showroom mobil. Iwan seketika kembali nekad untuk 'banting stir' dan beralih untuk usaha jual beli mobil. Ia membeli mobil Alphard di bawah harga pasar hingga dapat untung yang lumayan.

Saat itu Irwan mengaku tak membeli mobil tersebut dengan tunai. Melainkan, ia berhutang ke orang yang ditemuinya di masjid dan berjanji membayar setelah mobil tersebut laku. Saat berkunjung ke showroom, mobil lamanya ditawar karena dikira mobil pajangan di showroom. "Auto lepas, karena ada untungnya, Alhamdulilah cuan," ceritanya.

Akhirnya, singkat cerita Irwan mampu membelikan istri dan anak-anaknya mobil karena ingin pulang kampung lintas Sumatera. Namun karena bujetnya tak terlalu banyak, ia membeli Toyota Veloz dengan cara dicicil.

kisah mantan driver ojek online kini bisnis mobil TikTok

foto: TikTok/@volta.irwan

Setelah itu, Iwan berhasil menjual mobil Toyota Alphard disertai keuntungan yang lumayan. Dari hasil tersebut, Ia belikan hasil jerih payahnya dengan Honda Mobilio yang dijadikan taksi online dengan sistem rental dan setoran untuk orang terdekatnya saja.

Ia mengaku sempat mencoba pasar mobil Eropa, yang menurutnya peminatnya beda dengan mobil Jepang. "Si irit, nggak perlu was-was kalau jual mobil LCGC, cepat lakunya," sambungnya lagi.

kisah mantan driver ojek online kini bisnis mobil TikTok

foto: TikTok/@volta.irwan

Tak mau puas dengan pencapaiannya, Irwan pun meneruskan bisnis jual beli mobilnya dengan mencari untung dari mobil yang ia beli di bawah pasaran lalu menjualnya lagi. Ada kalanya juga meski murah, ternyata pajak mobil tersebut mati atau harus diurus pembeli. Bahkan, ada mobil yang sudah tidak diproduksi lagi menjadi mahal harganya. Salah satunya adalah Honda Jazz yang sangat disukai anak muda.

Di akhir kisahnya, ia mengungkapkan bahwa istri yang menemaninya dari nol telah meninggal dunia. Tak disebutkan kapan dan apa penyebabnya, namun Irwan mengaku sangat menyayangi mendiang istrinya.

Dalam slide selanjutnya, ia juga mengaku tak mau menjual Toyota Veloz yang dulu diperuntukkan untuk istrinya pulang kampung lintas Sumatera. Tampak juga penyesalan yang ditunjukkan oleh Irwan, sehingga ia berpesan kepada para suami agar senantiasa membahagiakan istrinya.

"Buat para suami, nggak perlu gengsi untuk gombal, puji-puji istri atau mungkin dengerin cerita istri yang panjang sekali karena curhat nggak berhenti. Dengerin aja, senyumin jangan sampai nyesel kalau dia pergi duluan," tulisnya dengan foto saat duduk di samping keranda istri yang telah tiada. 

kisah mantan driver ojek online kini bisnis mobil TikTok

foto: TikTok/@volta.irwan

Irwan tak lupa mengingatkan, di balik usaha suami, ada doa istri yang mungkin tidak disadari. Dirinya menduga, berbagai pencapaian yang telah ia raih merupakan doa istrinya yang telah dikabulkan Tuhan.

"Ingat, dibalik usahamu, ada doa istri yang mungkin kamu nggak tahu," katanya menutup kisahnya tersebut.