Brilio.net - Memiliki rumah bukan perkara mudah di masa kini. Bagi keluarga dengan pendapatan pas-pasan, cara paling memungkinkan dan simpel untuk memiliki rumah hanya dengan KPR. Itupun, cicilannya cukup besar dan bikin ngos-ngosan. Karenanya, ada beberapa keluarga yang memilih tak membeli rumah dan tinggal di kontrakan.

Di sisi lain, ada juga keluarga yang mencoba memiliki rumah dengan cara apapun. Meskipun tak bisa beli rumah via KPR, mereka tetap mengupayakan segala macam cara. Misalnya saja, dengan mencicil material yang hendak dijadikan bangunan untuk tempat tinggal kelak.

Cara kreatif tapi juga penuh effort itu sepertinya tak akan pernah habis. Salah satu contohnya ditunjukkan oleh sepasang suami istri yang ceritanya diunggah di akun TikTok @rohma_ning, dilansir brilio.net pada Jumat (25/8).

Pasangan bangun rumah tanpa tukang © TikTok

foto: TikTok/@rohma_ning

Dalam unggahannya, pasangan tersebut menceritakan bagaimana mereka membangun rumah di daerah Ponorogo. Mereka membangun rumah di sana berbekal tabungan yang terkumpul dari jualan online dan gaji sang suami yang jadi TKI di Malaysia. Karena tabungan tak begitu banyak, mereka nekat membangun rumah tanpa tukang.

Pada mulanya, saat membangun pondasi, pasangan tersebut masih dibantu saudara dan tetangga. Kendati demikian, ada banyak pekerjaan lain yang mereka kerjaan sendiri. Misalnya saja, sang istri merakit besi sebagai rangka bangunan yang akan dicor.