Semuanya itu dilakukan karena bujet yang terbatas. Untuk membeli tanah uruk pun mereka tak punya. Untungnya, ada tetangga yang rela memberikan. Tapi kesulitan mereka tak lantas hilang. Rumah mereka berada di daerah pegunungan sehingga jalan untuk mengangkut material terbilang sulit. "Disini bener-bener capek luar biasa," ujar @rohma_ning.

Pasangan bangun rumah tanpa tukang © TikTok

foto: TikTok/@rohma_ning

Selain itu, beberapa material yang mereka punya sudah mulai rusak. Kayu yang mereka beli sebelum membangun rumah, misalnya, sudah dimakan rayap. Ada pula besi yang sudah berkarat. Kendati demikian, mereka tetap lanjut.

Kini, bangunannya sudah setengah jadi, tapi pembangunan rumahnya belum usai. Sebab, mereka membangun rumah sambil terus mengumpulkan dana. Karenanya, ia masih terus merawat harapan agar pembangunan rumahnya berlangsung lancar.

"Waktu demi waktu.. bahkan sudah 6 bulan kami kerjakan sendiri. Semenjak pondasi jadi sudah tidak ada yg bantuin. karena memang kami gak pake tukang dan pekerja. semua dikerjakan sendiri. BERASA BANGET NEKATNYA," tulis @rohma_ning.

Pasangan bangun rumah tanpa tukang © TikTok

foto: TikTok/@rohma_ning

Cerita pasangan tersebut lantas viral dan bikin salut warganet di TikTok. Hingga kini ia telah ditonton 4,1 juta kali, disukai 66,9 ribu kali, dan dikomentari 2261 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"masyaallah luar biasa hebatnya,,semoga cahaya segera menyinari langit keluarga anda," kata akun @desrita761.

"ya allah semoga niat baikmu diberikan kemudahan dilancarkan dan diberikan rejeki yg lebih..dsehatkan sekeluarga...aamiin," tulis akun @mukalebar21.

"sy merinding mbak bacanya saking terharu dgn perjuangan membangun rumah impian. moga cepat selesai ya," komentar akun @njningbowo.