Brilio.net - Puasa merupakan salah satu rukun Islam. Sebagai sebuah rukun, keberadaan puasa dalam Islam sangat penting sehingga dapat dikatakan bahwa Islam tidak dapat tegak tanpa puasa. Dalam bahasa Arab, puasa disebut dengan shaum dan shiyam yang menurut pengertian bahasa berarti menahan. Sedangkan menurut syar'i, shaum adalah menahan diri dari makan, minum, masturbasi, dan muntah yang disertai dengan niat dan dilakukan sejak fajar hingga maghrib.

Pengertian puasa secara istilah sejalan dengan pengertian secara bahasa, yakni menahan diri. Puasa merupakan sebuah aktivitas menahan diri dari segala yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan melakukan hubungan seksual. Jadi, setiap umat Islam yang melakukan puasa pada hari tersebut harus menahan diri dari segala yang membatalkan puasa.

Puasa juga dapat melatih diri kita untuk senantiasa bersabar dan mendidik agar selalu berusaha mengendalikan diri dari hawa nafsu. Selain itu, puasa juga dapat melatih kita untuk selalu bersyukur atas limpahan nikmat Allah SWT. Puasa juga mengajarkan kita mengenai pola hidup yang sederhana dan ideal.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai puasa, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (15/9).

(brl/lin)