Brilio.net - Secara umum, penginderaan jauh merupakan suatu teknik berbasis instrumentasi yang digunakan dalam pengumpulan dan pengukuran dari data atau informasi yang teratur secara spasial. Pengukuran tersebut dilakukan dengan mengaplikasikan satu atau lebih alat-alat perekam tanpa kontak langsung secara fisik dengan benda-benda di bawah pengawasan jarak tertentu dari sasaran yang diobservasi.

Pengertian lain dari penginderaan jauh yang lebih sederhana adalah ilmu atau seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau gejala yang akan dikaji.

Dengan kata lain, penginderaan jauh merupakan sebuah upaya untuk memperoleh data dari jarak jauh dengan menggunakan peralatan tertentu yang disebut dengan "sensor". Data tersebut kemudian dianalisis dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sensor yang dimaksud dalam konteks ini adalah alat penginderaan seperti kamera, alat penyiam, dan alat radiometer yang dilengkapi dengan detektor di dalamnya. Sedangkan wahana untuk penempatan sensor dapat berupa balon udara, pesawat terbang, dan satelit. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai penginderaan jauh, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (5/9).