Brilio.net - Pendidikan adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan tidak hanya dipandang sebagai usaha pemberian informasi dan pembentukan keterampilan saja, namun diperluas hingga mencakup usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan, dan kemampuan individu sehingga dapat mencapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan. Pendidikan juga dapat dipahami sebagai proses pembelajaran yang didapat oleh setiap manusia untuk dapat membuat manusia mengerti, paham, dan lebih kritis dalam berpikir.

Pengertian pendidikan

pengertian dan tujuan pendidikan © berbagai sumber

foto: Unsplash/Stephanie Hau

Pendidikan merupakan aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rohami dan jasmani. Pendidikan adalah juga merupakan dari upaya untuk membantu manusia memperoleh kehidupan yang bermakna sehingga diperoleh suatu kebahagiaan hidup baik secara individu maupun kelompok. Sebagai proses, pendidikan memerlukan sebuah sistem yang telah terprogram dengan baik serta memiliki tujuan yang jelas. Pendidikan juga dapat dipahami sebagai suatu rancangan dari proses suatu kegiatan yang memiliki landasan dasar yang kokoh dan arah yang jelas sebagai tujuan yang hendak dicapai.

Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta akhlak mulia.

Terdapat beberapa pengertian mengenai pendidikan menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Prof. Dr. M.J. Lengeveld memberikan pengertian bahwa pendidikan adalah usaha memengaruhi, melindungi, serta memberikan bantuan yang tertuju kepada kedewasaan anak didiknya atau dengan kata lain membantu anak didik agar mampu melaksanakan tugas hidupnya sendiri tanpa bantuan orang lain.
2. Menurut Dewey, pendidikan merupakan sebuah proses pengalaman yang mengarahkan peserta didik kepada pertumbuhan batin sehingga dengan pertumbuhan batin ini mereka dapat eksis di tengah lingkungannya dengan berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi.
3. Crow menyatakan bahwa pendidikan adalah pengalaman yang memberikan sudut pandang dan penyesuaian bagi peserta didik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang.
4. Prof. Zaharai Idris menjelaskan bahwa pendidikan adalah serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya.
5. Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang dilakukan terus-menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental.
6. Menurut Philip H. Coombs, pendidikan dalam arti luas disamakan dengan belajar tanpa memerhatikan di mana atau pada usia berapa belajar terjadi. Pendidikan merupakan bagian dari proses belajar sepanjang hayat.
7. Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan merupakan tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Artinya, pendidikan akan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak. pendidikan juga menuntut mereka sebagai anggota masyarakat sehingga dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan suatu proses secara sadar dalam mengembangkan potensi, bakat, dan kemampuan untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan keperluan dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.