Brilio.net - Pendidikan menjadi salah satu cara dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia, dan bertujuan untuk memanusiakan manusia, mendewasakan, mengubah perilaku, serta menambah wawasan serta kemampuan menjadi lebih baik. Maka dari itu, pendidikan menjadi upaya untuk membangun bangsa yang diarahkan dapat meningkatkan harkat dan martabat melalui peningkatan sumber daya manusia.

Untuk terus memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan. Saat ini ujian nasional berbasis komputer alias UNBK diganti menjadi ANBK. ANBK merupakan singkatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yang proses pelaksanaannya menggunakan komputer atau laptop disertai adanya jaringan internet.

Melansir dari Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI), dijelaskan proses pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi online. Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan terdapat tiga instrumen penilaian ANBK yaitu, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Adanya ANBK dirancang untuk memantau pengembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Lebih lanjut, berikut ini informasi mengenai ANBK yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (26/8).