Brilio.net - Terkadang banyak yang masih sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Padahal keduanya memiliki makna yang berbeda. Kebutuhan merupakan sesuatu yang diperlukan oleh seseorang untuk bertahan hidup.

Dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, kebutuhan terbagi menjadi tiga golongan yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama dan paling dasar yang diperlukan oleh seseorang seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Sedangkan kebutuhan sekunder dan tersier dapat tercapai jika seseorang telah mampu memenuhi kebutuhan primernya. Secara sederhana, kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh seseorang untuk menunjang aktivitas dan kehidupannya.

Nah, untuk mengetahui lebih rinci mengenai kebutuhan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (23/8).

Pengertian kebutuhan.

pengertian, unsur, dan faktor kebutuhan © berbagai sumber

foto: Unsplash/Alex Haney

Kebutuhan adalah konstruksi kekuatan otak yang mengorganisir berbagai proses seperti persepsi, berpikir, dan berbuat untuk mengubah kondisi yang ada dan tidak memuaskan. Kebutuhan bisa dibangkitkan oleh proses internal, tetapi lebih sering dirangsang oleh faktor lingkungan seperti kebutuhan yang diikuti dengan perasaan atau emosi khusus.

Setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu, kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri. Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Pada dasarnya, manusia memiliki kebutuhan yang sama, tetapi karena keberagaman budaya, kebutuhan pun menjadi berbeda pada setiap orang. Kebutuhan juga bersifat manusiawi dan menjadi syarat untuk keberlangsungan hidup manusia.