Brilio.net - Overthinking saat ini mungkin sudah menjadi pembahasan yang melekat di kalangan anak muda. Keadaan overthinking akan menghambat seseorang mencari solusi atau jalan keluar untuk menyelesaikan masalah.

Overthinking adalah istilah yang sering ditunjukkan bagi seseorang yang terlalu banyak berpikir. Namun berbeda dengan sang pemikir, orang yang overthinking sering memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Pada dasarnya, perilaku overthinking dapat berdampak pada kesehatan mental dan mengganggu produktivitas.

Overthinking biasanya disebabkan oleh kekhawatiran atau kecemasan akan sesuatu hal yang belum terjadi, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, konflik yang besar, hingga mempunyai trauma pada masa lalu. Hal ini yang membuat seseorang merasa tidak bisa untuk melupakannya sampai harus berpikir secara hati-hati.

Maka dari itu, overthinking tidak boleh dianggap sebagai masalah yang sepele. Sebab, overthinking harus diatasi sebelum menjadi stres atau bahkan depresi. Untuk itu, kamu juga harus memahami arti overthinking, supaya dapat menentukan langkah mengatasi dan menghindarinya.

Yuk, simak arti overthinking serta kenali tanda dan cara mengatasinya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (4/7).