Brilio.net - Secara umum, ibadah memiliki arti segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia atas dasar patuh terhadap pencipta-Nya sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Ibadah menurut bahasa diambil dari kata ta'abbud yang berarti menundukkan dan mematuhi. Seseorang yang tunduk, patuh, merendahkan, dan hina diri di hadapan yang disembah disebut dengan abid (yang beribadah). Terdapat firman Allah SWT mengenai hakikat dan tujuan ibadah dalam Q.S Az-Zariat yang menyatakan bahwa tujuan Allah menciptakan manusia adalah untuk beribadah hanya kepada-Nya.

Indikasi ibadah adalah kesetiaan, kepatuhan, dan penghormatan serta penghargaan kepada Allah SWT serta dilakukan tanpa ada batas waktu. Ibadah juga merupakan bentuk integral dari syari'at sehingga apa pun ibadah yang dilakukan oleh manusia harus bersumber dari syari'at Allah SWT.

Ibadah adalah buah dari keimanan kepada Allah dengan segala sifat-sifat kesempurnaan-Nya. Ibadah juga dapat dimaknai sebagai tunduk dan berhina diri kepada Allah SWT karena kesadaran bahwa Allah yang menciptakan, menumbuhkan, dan mengembangkan alam. Ibadah timbul dari perasaan tauhid sehingga orang yang suka memikirkan keadaan alam serta kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia akan merasa bersyukur dan berutang budi kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa lagi Maha Mengetahui.

Nah untuk memahami lebih rinci mengenai ibadah dalam agama Islam, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (15/9).