Brilio.net - ASEAN adalah singkatan dari Association of South Asia Nation yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Persatuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Organisasi internasional regional ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina. 

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan persahabatan dan kerja sama di bidang pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya. Sehubungan dengan latar belakang negara-negara anggota ASEAN yang beraneka ragam, bentuk kerja sama yang ada harus dilandasi dengan faktor kebersamaan agar ASEAN dapat berkembang menjadi organisasi internasional regional yang efektif. Untuk memahami lebih rinci mengenai ASEAN, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (9/9).

Pengertian ASEAN

negara-negara ASEAN © berbagai sumber

foto: Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata

ASEAN adalah organisasi yang didirikan beberapa negara di Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok pada tahun 1967. Sampai saat ini terdapat kesepakatan masyarakat ASEAN yang digunakan sebagai basis dari negara anggota dalam menunjang pembangunan terhadap negaranya masing-masing. 

Pada dasarnya, ASEAN dibentuk untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara dalam suasana persahabatan, kemakmuran, dan kedamaian. Secara politis, ASEAN menegaskan dirinya sebagai organisasi yang menghormati serta bertekad untuk menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) dan nilai-nilai demokrasi.