Brilio.net - Puncak ibadah haji jatuh pada 9 Zulhijah dan bertepatan pada 9 Juli 2022. Sebelum puncak haji digelar, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah sudah menyiapkan tenda-tenda untuk para jemaah haji. Seperti yang dilansir dari akun Youtube Nurul Taufik tampak tenda-tenda sebagian berukuran besar. Bahkan tiap tenda dilengkapi dengan AC besar hingga blower karena udara di Makkah yang sangat terik. Saat siang suhunya bisa mencapai 46 derajat.

Penampakan tenda jemaah Haji di Arafah Youtube.com

foto: Youtube/ Nurul Taufik

 

Selain AC, di dalam tenda-tenda itu juga disiapkan alas karpet untuk jemaah wukuf. Tenda juga dibuat dari bahan PVC yang tahan air dan tahan api. Selain itu, bahan PVC juga dapat menginsulator panas sehingga hawa dingin yang ada di dalam tenda tidak mudah keluar. Untuk konstruksi akan menggunakan baja yang kuat sehingga tidak gampang bergeser dan lebih tahan angin.

Di dalam tenda, disediakan kasur, bantal, dan selimut hingga perlengkapan lain untuk jemaah haji seperti meja dan kursi roda bagi jemaah yang membutuhkan. Dalam video juga dijelaskan bahwa tenda antara bapak-bapak dan ibu-ibu jemaah memiliki sekat, sehingga aman dan nyaman digunakan. Meski kasurnya memang kecil dan tipis, tapi perlu diketahui bahwa fasilitas ini baru ada tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya karpet di atas tanah saja.