Brilio.net - Jakarta merupakan salah satu kota megapolitan dengan jumlah penduduk yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Dengan pertumbuhan penduduk yang cepat, Jakarta menghadapi tantangan besar dalam menghadapi pemukiman padat penduduk.

Fenomena ini tidak jarang mengingat Jakarta memiliki kesamaan dengan kota Rio de Janeiro, Brazil. Seperti halnya Rio de Janeiro yang juga dikenal sebagai "Cidade Maravilhosa" atau Kota Ajaib, Jakarta juga mencatat peningkatan pesat dalam populasi dan menjadi magnet bagi pencari peluang di berbagai bidang.

Kedua kota ini memiliki karakteristik perkotaan yang mirip, di mana pemukiman padat penduduk menjadi pemandangan sehari-hari. Kedua kota ini menghadapi persoalan infrastruktur yang kompleks dan tata ruang kota yang terbatas. Sebagaimana yang ditampilkan dalam postingan video dari akun TikTok @mujib_ansori.

jakarta mirip rio de janeiro © TikTok

foto: TikTok/@mujib_ansori

Sebuah wilayah yang berada di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini sepintas mirip dengan kota Rio De Janeiro, Brazil. Daerah ini cukup padat dan penuh dengan rumah-rumah penduduk. Saking penuhnya, anak-anak di sana harus bermain di bawah fly over.

Pertumbuhan penduduk yang melebihi kapasitas kota menyebabkan sejumlah permasalahan, seperti kemacetan lalu lintas yang kronis, tingginya tingkat polusi udara, serta penurunan kualitas lingkungan.