Brilio.net - Media sosial sempat dihebohkan dengan kisah persahabatan seorang pria asal Bontang Utara, Kalimantan Timur dengan seekor buaya muara. Kisah mereka viral dan mengundang berbagai reaksi khalayak. Video kebersamaan buaya dengan pria bernama Ambo tersebut juga sering diabadikan di kanal YouTube Fitriyani Riska.

Buaya muara tersebut diberi nama Riska. Hubungan Pak Ambo dan Riska bak bapak dan anak. Pak Ambo sudah menganggap riska bak anaknya sendiri. Ia juga merawat dan memberi makan buaya Riska tanpa rasa takut.

Kisah persahabatan tak lazim ini berawal saat Pak Ambo dan salah satu rekannya tengah melintas di muara. Buaya yang pada saat itu berukuran setengah meter tersebut tiba-tiba menampakkan diri. Karena awalnya takut, Pak Ambo pun segera menjauh. Namun, buaya tersebut mengikuti perahu Pak Ambo.

Kejadian inipun selalu berulang tiap kali Pak Ambo ke muara. Buaya tersebut terus mengikutinya seolah ingin berteman. Pak Ambo pun akhirnya memberanikan diri untuk berenang di muara. Saat sang buaya mendekat, Pak Ambo pun menyuruhnya untuk mundur. Sejak saat itu, keduanya berteman akrab layaknya sahabat.

penampakan buaya riska © 2021 youtube.com

foto: YouTube/fitriyani Riska

Sejak saat itu, Pak Ambo merawat dan rutin memberi makan buaya Riska. Reptil tersebut tetap tinggal di habitat aslinya. Sesekali, buaya ini datang ke rumah Pak Ambo. Namun, buaya tersebut selalu tahu saat Pak Ambo datang untuk menemuinya. Buaya Riska kini sudah berusia 24 tahun dengan panjang sekitar 4 meter.

Warga sekitar pun sudah tidak asing dengan buaya Riska yang dirawat oleh Pak Ambo. Konon, meski hidup bebas, Riska tidak pernah menyakiti manusia. Kendati demikian, meski terlihat jinak, namun orang-orang harus tetap berhati-hati. Pasalnya buaya termasuk hewan buas yang patut diwaspadai.

penampakan buaya riska © 2021 youtube.com

foto: YouTube/fitriyani Riska

Tak sedikit orang yang penasaran melihat langsung interaksi Ambo dan Riska. Menurut Ambo, banyak yang datang mengunjungi Riska. Baik dari Bontang maupun luar daerah, terjauh dari Jakarta, Bandung, Bali dan lainnya. Mulai dari masyarakat biasa, media, hingga YouTuber.

Riska juga sudah memiliki kanal YouTube sendiri, Fitriyani Riska, dengan subscriber 614 ribu. Kanal itu dikelola oleh anak kandung Ambo.