Dilansir brilio.net dari akun TikTok @kalaundry, Minggu (29/10), pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang untuk menghilangkan noda getah di pakaian, seperti cairan pemutih pakaian dan sabun pencuci piring. Kamu juga perlu 1 tambahan bahan dapur berupa cuka dapur.

enyahkan noda getah pisang di baju © TikTok

foto: TikTok/@kalaundry

Cuka bisa menghilangkan noda getah pada baju karena mengandung asam asetat yang bisa melarutkan getah. Asam asetat adalah senyawa kimia yang bersifat asam dan bisa bereaksi dengan senyawa lain yang bersifat basa.

Sementara, getah mengandung senyawa-senyawa organik, seperti polisakarida, protein, atau lateks, yang bersifat basa. Ketika cuka dan getah bercampur, terjadi reaksi asam-basa yang menghasilkan garam dan air. Garam dan air ini lebih mudah larut dalam air daripada getah, sehingga noda getah bisa terangkat dari kain.

Nah, jika cairannya sudah siap, kamu tinggal gosok-gosok ke noda getah yang ada di baju rajut tersebut. Diamkan beberapa saat agar cairan tersebut dapat bereaksi terhadap noda getah di baju.

enyahkan noda getah pisang di baju © TikTok

foto: TikTok/@kalaundry

Setelah beberapa saat, baju tersebut bisa dibilas dengan menggunakan air hangat. Tanpa perlu tenaga ekstra, noda getah di pakaian hilang tak tersisa.

enyahkan noda getah pisang di baju © TikTok

foto: TikTok/@kalaundry

Meski tidak dicuci pakai detergen, penampakan pakaian tetap bersih terbebas dari noda getah. Jika kamu mengalami hal serupa, langsung saja praktikkan cara satu ini. Selamat mencoba!

@kalaundry Membalas @ HTKS /HTCD DIANA RAFLY tampillin draft dlu ya kak, hehehe untungnya ada noda getah nyempil #fyp #fyp #beranda #laundry #laundryviral #nodagetah #antinoda #edukasi #tips #viral DJ NEMEN VIRAL TIKTOK - DJ LEO REMIX