Brilio.net - Ketika membeli suatu produk, biasanya ada kemasan untuk menutupi dan menjaga kualitas produk. Kemasan atau packaging adalah bagian yang penting dari manajemen produk. Karena packaging produk atau kemasan akan sangat berpengaruh terhadap penjualan dan daya saing sebuah produk di pasaran.

Packaging adalah suatu unsur yang akan mempengaruhi citra dari produk dan brand yang dimiliki. Lebih dari itu, packaging juga memiliki daya tarik tersendiri untuk barang yang akan dijual. Pasalnya, kemasan barang yang unik dan menarik cenderung akan memberikan kesan positif pada merek dan kualitas produk.

Bahkan konsumen saat ini cukup cerdas untuk menilai suatu barang melalui kemasan yang ditampilkan. Maka dari itu, bagi seorang produsen packaging merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Karena packaging membawa peran yang penting untuk melindungi barang atau produk dan mempresentasikan brand yang kamu miliki.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu juga perlu mengetahui fungsi dan jenis dari packaging. Seperti berikut ini telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (29/8).

Definisi packaging.

Packaging adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Packaging adalah material yang membungkus produk. Packaging menjadi ciri khas dari produk yang akan ditawarkan.Fungsi utama dari packaging adalah melindungi produk supaya kualitasnya tetap baik dan memudahkan konsumen ketika membawa produk tersebut.

Menurut Kotler dan Amstrong (2012), packaging atau pengemasan adalah suatu bentuk kegiatan yang melibatkan desain serta produk, sehingga kemasan dapat berfungsi supaya produk di dalamnya dapat dilindungi. Selain itu, Tjiptono (2008), menjelaskan bahwa packaging berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah atau pembungkus untuk suatu produk.

Selain itu, packaging juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan branding. Pasalnya, dalam packaging dapat ditambahkan desain, warna brand, logo, maskot, tagline, dan identitas brand lainnya pada kemasan. Dengan adanya identitas brand, konsumen akan lebih mudah mengenali dan membedakan dengan milik kompetitor.

Bentuk packaging bisa dibuat sekreatif mungkin dengan mengkombinasikan struktur, bentuk, warna, elemen, material, dan detail informasi produk, sehingga produk barang tersebut bisa dipasarkan dengan baik. Oleh karena itu, semakin menarik bentuk packaging yang dibuat, maka akan semakin meningkatkan nilai produk yang ditawarkan.