Brilio.net - Otoriter merupakan salah satu jenis gaya kepemimpinan yang berdasarkan diri pada kekuasaan dan paksaan mutlak yang harus dipatuhi. Setiap perintah dan kebijakan yang ditetapkan tanpa berkonsultasi dengan bawahannya dan harus segera dilakukan.

Seorang pemimpin yang autokratik adalah seorang yang sangat egois. Pemimpin yang memiliki tipe otoriter biasanya bekerja secara sungguh-sungguh dan cermat di mana pemimpin bekerja menurut peraturan kebijakan yang berlaku dan segala instruksinya harus dipatuhi oleh para bawahannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), otoriter dapat diartikan sebagai perilaku sewenang-wenang. Seorang pemimpin yang otoriter juga akan menunjukan berbagai sikap yang menonjolkan kekuasaan seperti kecenderungan dalam memperlakukan para bawahan sama dengan alat lain dalam organisasi.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai otoriter, berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (6/8).

Definisi otoriter

otoriter dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Otoriter adalah gaya kepemimpinan yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang ingin diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab akan dipegang oleh si pemimpin, sedangkan para bawahan hanya sekadar melaksanakan tugas yang sudah diberikan.

Tipe kepemimpinan yang otoriter hanya sekadar melaksanakan tugas yang sudah diberikan. Para pemimpin otoriter melakukan pengambilan keputusan sendiri tanpa berkonsultasi dengan para karyawannya. Mereka menghasilkan keputusan, mengkomunikasikannya kepada bawahan dan mengharapkan implementasi atas instruksi mereka dengan segera.

(brl/lea)