Brilio.net - Gorden adalah salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah. Selain berfungsi sebagai penutup jendela, pintu, atau penghubung antar ruangan, gorden juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti mencegah masuknya sinar matahari, mengatur cahaya, menyaring debu, menjaga privasi, dan meningkatkan estetika ruangan.

Namun, meskipun hanya digantung begitu saja di jendela, gorden pun mudah kotor, lho. Biasanya, gorden dapat kotor karena banyak debu yang menempel.

Debu pada gorden berasal dari berbagai sumber, seperti partikel kulit mati, rambut, bulu hewan peliharaan, dan polusi udara. Debu yang menempel pada gorden dapat menarik kotoran lain, seperti minyak, lemak, jamur, dan bakteri yang membuat gorden menjadi dekil.

Jika sudah kotor dan dekil, pastinya gorden jadi kurang nyaman dilihat. Alih-alih mencuci sendiri, banyak orang memilih pakai jasa laundry untuk mencuci gorden. Pasalnya, banyak orang yang gagal mencuci gorden sampai bersih dan kinclong. Belum lagi, tenaga bisa cepat habis saat mencuci karena ukuran gorden cenderung besar.

Nah, biar nggak menghabiskan tenaga, kamu bisa meniru cara membersihkan gorden ala warganet satu ini. Dirangkum brilio.net dari YouTube EK TV CHANEL, Kamis (9/11), ia punya cara jitu biar gorden bisa kinclong lagi dengan menggunakan tambahan bahan kue. Kali ini, ia mempraktikkan caranya untuk gorden yang putih dan berwarna.