Untuk mengatasi retak rambut landak yang sudah tembus pada sisi lainnya seperti pada gambar, bahan yang kamu butuhkan adalah botol bekas sealant. Botol ini bisa kamu dapatkan gratis dari tukang kaca atau kusen aluminium dan etalase.

retak rambut tembok © TikTok

foto: TikTok/@disabilitastekhn2

Gunakan besi atau alat lain yang kuat sepanjang 6 milimeter untuk mengeluarkan piston plastik dan sisa sealant yang sudah mengering. Piston plastik jangan dibuang, karena nanti akan dipakai kembali.

Jika botol sealant sudah siap, siapkan semen dalam ember dan campurkan dengan cairan bonding agent, kemudian aduk sampai mengental. Cairan bonding agent ini merupakan bahan sintetis yang digunakan untuk menyambung permukaan beton lama dan baru.

retak rambut tembok © TikTok

foto: TikTok/@disabilitastekhn2

Masukkan adukan semen dan bonding agent tadi ke dalam botol sealant. Masukkan piston plastik yang berfungsi untuk menutup dan mendorong adukan semen di dalam botol. Gunakan tembakan sealant yang bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 15.000. Aplikasikan semen dalam sealant di atas retak rambut. Pastikan semua retak rambut tertutup dengan adukan semen tersebut.

"Aplikasikan pada bagian yang retak dengan menekan dan memposisikan kemiringan potongan ujung dari nozzle (corong sealant) agar adukan semen masuk ke dalam celah retakan," jelasnya.

retak rambut tembok © TikTok

foto: TikTok/@disabilitastekhn2

Gunakan skrap atau kape plastik untuk meratakan permukaan di bagian yang retak, agar semen masuk dan mengisi bagian kosong dalam retakan tersebut. Dengan seperti ini, semen akan masuk ke celah retak sedalam 2 centimeter dan tambalan tidak mudah retak.

Berikutnya kamu bisa mengecat ulang bagian yang ditambal tersebut dengan warna cat yang sama dengan dinding. Video yang diunggah pada 30 April 2023 tersebut mendapat perhatian cukup besar dari warganet. Postingan ini sudah ditonton lebih dari 2 juta dengan beragam komentar di dalamnya.

retak rambut tembok © TikTok

foto: TikTok/@disabilitastekhn2

"Terima kasih telah berbagi ilmu manfaat, bapak," kata mamaatik354.

"Abang ini bisa jadi pengawas ikn nih, keren bang," ujar user6230705052814.

"Hoki banget ketemu tukang ke abg ini, aku ketemu tukang gak ada yg beres," komentar Kuli TKBM.

"Kan .udah saya cakap... tukang2 itu biasanya creative..." ungkap moon.

 

@disabilitastekhn2 cara mengatasi dinding retak #education #lifehack #tukang #tips #diy suara asli - disabilitas punya cara