Brilio.net - Demam bersepeda ternyata nggak hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Beragam model sepeda dan aksesorinya dengan harga selangit hadir untuk menjawab kepopuleran bersepeda.

Terbaru, sebuah start-up yang bekerjasama dengan Badan antariksa Amerika, NASA mengumumkan ban sepeda berteknologi mutakhir yang diklaim tak bisa bocor seumur hidup.

Start-up bernama The SMART Tire Company ini mengambil inspirasi dari ban yang dikembangkan oleh NASA untuk misi di Planet Mars. Ban yang bernama METL ini dibuat dari smart memory metal yang sangat fleksibel, tapi bisa kembali ke bentuk semula dalam waktu cepat.

ban sepeda tak bocor NASA istimewa

foto: smarttirecompany.com

Loading...

Ban ini punya fleksibilitas seperti karet tapi daya tahan laiknya titanium. Mereka mengklaim, dengan menggunakan ban ini tak perlu lagi khawatir bocor di jalan. Strukturnya yang kuat juga membuatnya awet dipakai sehari-hari.

"Kawat-kawat dari material ini dianyam sedemikian rupa untuk menjadi ban yang fleksibel sesuai medan tapi tetap kuat," ujar salah satu juru bicara NASA seperti dilansir brilio.net dari Odditycentral, Sabtu (27/3).

Material SMA (Shape Memory Alloy) ini bisa bekerja seperti peredam yang membuatnya bisa melewati medan sulit tanpa takut merusak ban sepeda.

ban sepeda tak bocor NASA istimewa

foto: smarttirecompany.com

Materialnya yang berasal dari metal itu ternyata tidak langsung bersentuhan langsung dengan aspal atau jalanan. Ban ini nantinya akan dilapisi dengan material polyurethanium yang mirip dengan karet.

Material ini juga diyakini sangat cocok digunakan dalam aneka kondisi dan medan. Dengan kombinasi material ini, ban The SMART Tire Company ini diklaim punya handling yang apik saat digunakan untuk bersepeda.

Ban ini rencananya akan dirilis pada 2022 mendatang. The SMART Tire Company sendiri belum merilis berapa harganya. Tentunya harganya akan lebih mahal dari ban sepeda pada umumnya. Tertarik untuk mencobanya, Sobat Brilio?