Brilio.net - Penampakan kondisi luar angkasa memang masih menjadi misteri bagi masyarakat umum. Selama ini, publik hanya bisa menikmati pemandangan itu lewat foto dan video yang dirilis oleh NASA. Seperti halnya di Bumi, luar angkasa juga banyak terjadi fenomena-fenomena yang nggak kalah mengejutkan.

Contohnya seperti yang belum lama ini dipotret oleh NASA. Sebuah gambar menakjubkan memperlihatkan dua galaksi tengah bertabrakan satu sama lain. Kejadian tersebut jadi objek foto luar biasa indah yang bisa diabadikan oleh kamera luar angkasa milik NASA.

Meski jadi gambar yang menakjubkan dan jadi bagian dari ilmu pengetahuan, foto tersebut sekaligus memperingatkan, bisa jadi galaksi tempat kita tinggal mengalami hal yang sama.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com via metro.co.uk, Rabu (16/10), galaksi kita, Bimasakti, diramalkan bisa bertabrakan dengan galaksi Andromeda. Andromeda memang disebut-sebut sebagai monster yang kerap memakan sejumlah galaksi lainnya.

Kini, ahli astronomi telah merilis sejumlah foto yang menunjukkan 'pembantaian' sejumlah galaksi. Antara lain adalah galaksi bernama NGC 7715 yang menabrak NGC 7714. Kejadian ini berlangsung pada jarak 150 tahun cahaya dari konstelasi Pisces.

dua galaksi bertabrakan © metro.co.uk & liputan6.com

foto: metro.co.uk

 

"NGC 7714 telah diregangkan dan mengalami distorsi karena tabrakan yang terjadi baru-baru ini dengan galaksi tetangga," tutur NASA.

Dalam laporan NASA, 'tetangga' yang lebih kecil, yakni NGC 7715 yang terletak di sebelah kiri, diperkirakan telah menabrak NGC 7715. Berdasarkan pengalaman, cincin emas yang digambarkan terdiri dari jutaan bintang seperti Matahari, namun berusia lebih tua.

Sementara itu, bagian pusat NGC 7714 yang begitu terang tampaknya mengalami ledakan dan membentuk bintang baru. Rupanya, tabrakan antar dua galaksi ini terjadi 150 tahun lalu dan kemungkinan kondisi serupa akan terjadi untuk ratusan tahun berikutnya. Kemungkinan, hal inilah yang menyebabkan terjadinya sebuah galaksi baru.

Telah lama diketahui Andromeda akan menabrak galaksi Bimasakti di masa depan. Para astronom baru-baru ini mendapatkan sejumlah detail mengenai 'pembunuh galaksi di masa lalu.'

Menurut tim dari Australian National University, mereka telah menemukan aliran bintang besar yang menunjukkan Andromeda 'menelan' beberapa galaksi yang lebih kecil, dalam beberapa miliar tahun terakhir. Bahkan, mungkin Andromeda telah 'menelan' sejumlah galaksi 10 miliar lalu, ketika pertama kali terbentuk.