Brilio.net - Mimpi penerbangan luar angkasa komersial kini mungkin bukan isapan jempol belaka. Proyek SpaceX - NASA pada Sabtu (30/5) kemarin waktu setempat berhasil meluncurkan roket berisi manusia ke luar angkasa. Di tengah pandemi ini, SpaceX berhasil menjadi perusahaan swasta pertama yang mengantarkan manusia ke luar angkasa untuk NASA.

Dilansir brilio.net dari Independent, peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon sempat mengalami kendala. Rencananya, peluncuran dijadwalkan Rabu (27/5) kemarin. Sayang, cuaca tidak bersahabat membuatnya harus ditunda di menit-menit terakhir.

Penerbangan ini tentu saja menjadi perbincangan dunia. Dengan adanya momentum historis ini, penerbangan komersil ke luar angkasa sudah ada di genggaman tangan. Peluncuran ini juga yang pertama di Amerika Serikat sejak 2011. Sebelumnya, NASA harus mengandalkan negara lain seperti Kazakhstan dan Rusia.

Ingin tahu lebih dekat tentang peluncuran roket legendaris ini?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (1/6), berikut 4 fakta peluncuran SpaceX milik NASA ke luar angkasa.


1. Dua astronot.

4 Fakta peluncuran SpaceX ke luar angkasa © 2020 brilio.net

foto: SpaceX.com  



Peluncuran SpaceX ini membawa dua astronot veteran Robert 'Bob' Behnken dan Douglas 'Doug' Hurley ke luar angkasa. Mereka adalah sahabat karib yang memiliki karier cemerlang selama 20 tahun di NASA. Sebelum berprofesi menjadi astronot, mereka pernah menjadi tentara militer Amerika Serikat.


2. Ada boneka dinosaurus ikut terbang ke luar angkasa.

4 Fakta peluncuran SpaceX ke luar angkasa © 2020 brilio.net

foto: TheVerge.com



Bob Behnken dan Doug Hurley tak sendirian ke luar angkasa. Mereka juga membawa boneka dinosaurus yang unik. Hal ini ternyata menjadi tradisi di kalangan astronot.

Di 2019 kemarin, sebuah boneka bumi juga menemani crew International Space Station (ISS) dan sempat menjadi viral di internet. Bahkan, Elon Musk pernah bercanda di Twitter mengatakan bahwa boneka bumi tersebut adalah indikator Zero-G tercanggih yang ditambahkan sebelum peluncuran.


3. Roket prototipe sempat meledak.

4 Fakta peluncuran SpaceX ke luar angkasa © 2020 brilio.net

foto: SpaceX.com  



Jelang peluncuran bersejarah ini, roket peluncuran keempat milik SpaceX, Starship meledak saat diuji coba. Ledakannya sempat viral karena mirip sebuah bola api raksasa. Masih belum jelas apa penyebab ledakan ini. Tapi insiden ini sama sekali tak mengganggu jadwal peluncuran kali ini.


4. Semuanya serba otomatis.

4 Fakta peluncuran SpaceX ke luar angkasa © 2020 brilio.net

foto: SpaceX.com



Misi SpaceX ini semuanya didesain agar serba otomatis. Bob Behnken dan Doug Hurley memulai proses docking ke ISS tanpa ada campur tangan manusia. Rencananya, proses ini akan selesai pada Minggu (31/5) pukul 10:30 waktu Eastern Daylight Time.