Brilio.net - Wisuda adalah momen yang sangat membahagiakan dalam kehidupan seseorang. Ini bukan hanya sekadar sebuah acara formal untuk menerima gelar atau ijazah, tetapi merupakan pencapaian yang melambangkan perjalanan panjang dan dedikasi yang telah ditempuh. Banyak yang tentunya membagikan momen berbahagia ini ke keluarga.

Hal itulah yang dirasakan oleh wanita ini. Ia akhirnya bisa menyelesaikan studi dan berfoto dengan keluarganya. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @saaskii.a

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang wanita dengan toganya. Ia mengaku pura-pura minta foto dengan seorang kakak perempuan. Namun, tiba-tiba ia melepas toga dan memberikannya kepada kakak itu.

wanita pinjamkan toga ke kakaknya © TikTok

foto: TikTok/@saaskii.a

Dengan wajah kaget, sang kakak pun menerima dan mengenakan toga tersebut. Ternyata ada alasan di balik ini. Sang adik mengetahui bahwa kakaknya hanyalah lulusan SMP. Sehingga ia berkenan meminjamkan toganya kepada kakak agar merasakan rasanya menggunakan baju kebesaran itu.

"Kakak perempuanku cuma lulusan SMP. Jadi nggak tau rasanya pakai toga," tulisnya di caption.

Bukan tanpa sebab dan alasan, sang kakak ternyata telah banyak berkorban untuk adiknya yang wisuda ini. Termasuk ia, rela memutuskan pendidikannya dan memilih dijodohkan. Hal itu karena kondisi ekonomi keluarga yang sangat memprihatinkan.

wanita pinjamkan toga ke kakaknya © TikTok

foto: TikTok/@saaskii.a

Ini juga sebagai bentuk terima kasih dari adik dimana kakaknya selama ini sudah sangat sayang padanya. Wanita bernama Saskia ini mengaku bahwa kakaknya bahkan telah memerankan 3 peran sekaligus dalam keluarga. Yaitu menjadi ayah, ibu dan juga kakak perempuan.