Keanehan pun muncul ketika mereka melintasi sebuah jembatan di area perbatasan tersebut. Jam pada ponsel milik perekam video tiba-tiba berubah menjadi pukul 15.44 yang merupakan waktu di area WIB atau Indonesia bagian barat.

Momen fenomena aneh perubahan zona waktu di Papua TikTok

foto: TikTok/@toms223

Kemudian ketika mereka selesai melintasi jembatan dan menuju sebuah bukit, jam pada ponsel tersebut kembali ke zona waktu Indonesia bagian timur, yaitu dua jam lebih cepat dan menunjukkan pukul 17.46 WIT.

Si pemilik video pun mengaku kalau awalnya ia melihat fenomena itu di media sosial. Saat pria tersebut kebetulan melintas di kampung Masabui, dirinya pun ingin membuktikan sekaligus merekam dan mengunggahnya di akun TikTok.

"Saya sendiri penasaran. Pernah lihat video di TikTok yang lewat di beranda. Kebetulan saya lewat di daerah sini. Saya coba pastikan," kata pria tersebut menuturkan.

Usai diunggah, video ini pun jadi viral dan sudah ditonton hingga 9 juta kali. Tak ketinggalan, video yang menunjukkan fenomena aneh ini turut memancing diskusi warganet di kolom komentar.

Momen fenomena aneh perubahan zona waktu di Papua TikTok

foto: TikTok/@toms223

Beberapa di antaranya berusaha memahami secara logis bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi dalam waktu yang singkat.

"Itu karena jaringan, di lokasi itu tidak ada jaringan, coba buat mode pesawat pasti beralih ke jam WIB otomatis," ujar akun TikTok @hose_togatorop.

"Sebenarnya simpel aja sih, pas awal video jam 17:43 hp nya menangkap sinyal dari tower yang timezone nya di set ke GMT +9, pas jamnya pindah ke 15:44," kata akun TikTok @i_sanzz.

"Gak kaget. Karena aku lebih dulu ngalamin waktu dari Jawa ke Bali. Ku kira jamnya error. Ternyata enggak," timpal akun @nyongsiisapa.

"Di Maluku Utara ada juga. di Kabupaten Pulau Morotai desa Wayabula Dari Zona Indonesia Timur - ke Zona Waktu Indonesia Tengah," tambah pemilik akun @mfikritalabuddina.

@toms223 Perubahan zona waktu di papua barat, perbatasan kab Manokwari & Manokwari selatan #fyi #zonawaktu #manokwari_papuabarat suara asli - Toms223