Di situasi genting, dua karyawan KAI ini masih bisa berpikir jernih sehingga mereka dan seluruh penumpang berhasil selamat. Hal ini mendapat apresiasi dari warganet, salah satunya jurnalis Zulfikar Akbar.

"Masinis dan asistennya di KA Blitar ini mampu berpikir jernih dan matang di saat-saat genting. Jadinya mereka sendiri selamat, penumpang di dalamnya pun selamat. Mereka layak didoakan kariernya bersinar, dan bisa jadi teladan buat masinis lainnya," kata Zulfikar Akbar.

kecelakaan KA Brantas © 2023 brilio.net

foyo: TikTok/@herliahii

Kecelakaan lalu lintas itu juga terekam dari sejumlah kamera warga setempat. Mulai dari mogoknya truk tronton di perlintasan kereta api, hingga ketika KA Brantas menemper bagian kepala truk hingga meledak. Selain itu, warga juga merekam detik-detik saat masinis dan asistennya lompat dari lokomotif yang penuh kobaran api.

Dalam unggahan beberapa video, terlihat sebuah siluet seorang pria yang tengah berjalan di rel perlintasan. Sambil tertatih, pria yang merupakan asisten masinis itu berjalan meninggalkan kobaran api yang masih menyala di belakangnya. Diketahui, masinis dan asistennya berhasil selamat karena melompat dari bagian lokomotif yang terbakar usai terjadi temperan dan memastikan bahwa semua penumpang kereta selamat.

kecelakaan KA Brantas © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@herliahii

Setelah selamat, masinis dan asistennya ini pun berjalan menuju tempat evakuasi. Aksi mereka pun sontak mendapat beragam pujian. Banyak warganet yang salut dan menyampaikan apresiasi.

"sumpah ini sih kayak pahlawan di filmfilm," tulis @nanik998.

" patut naik pangkat sih mereka," kata @nagita18.

"panjang umur ya pak," komen @ronyadre67

"terima kasih berkat mereka semua sehat dan selamat," tulis @linainas62.

Kini, proses evakuasi sudah selesai dilakukan. Jalur rel kereta pun sudah kembali dapat dilewati kereta api sejak Rabu (19/7) pagi.

@herliahii Membalas @kurnia_riska89 Done #kecelakaan #keretaapi #kabrantas #madukorosemarang #semarang #fyp #foryou suara asli - Herliahii