Momen tersebut diunggah melalui akun YouTube Sekretariat Presiden dan akun Instagram pribadi Jokowi. Dia mengaku bahwa memilih bermain bola karena sudah lebih dari dua minggu tidak berolahraga.

"Dua minggu ini saya tidak berolahraga seusai lawatan ke luar negeri dan padatnya agenda dalam negeri," tulis Jokowi pada caption di akun instagramnya.

Kedatangan presiden ini tentu disambut antusias oleh warga setempat. Terlihat lapangan dipadati penduduk setempat untuk melihat aksi Jokowi bersama anak-anak lainnya saat bermain bola. Suara sorak meriah dari luar lapangan menjadi pelengkap dalam momen itu.

jokowi jadi kiper berbagai sumber

jokowi jadi kiper
Instagram/@jokowi

Banyak video cuplikan yang beredar di di media sosial. Terlihat pada awal permainan, Jokowi bermain sebagai pemain depan. Dalam satu kesempatan dia berhasil menggiring bola dan mencetak gol ke gawang lawan. Di momen selanjutnya dia juga terlihat menjadi penjaga gawang.

"Lumayan bisa ngegolin satu," ucapnya dengan nada bercanda.

jokowi jadi kiper berbagai sumber

jokowi jadi kiper
Youtube/Sekretariat Presiden

Namun pada saat jadi kiper dia tak mampu menjaga gawangnya dengan baik. Gawang yang dijaga Jokowi malah dibobol oleh menterinya sendiri. Jokowi mengeluarkan ekspresi geleng-geleng kepala sambil memegang tiang gawang. Diatersenyum meski telah membuat timnya kebobolan satu poin.

Namun selain itu warganet malah memperhatikan hal lain. Terlihat di komentar, banyak netizen yang salah fokus dengan kaki jokowi. Netizen mengatakan kaki Jokowi terlihat begitu putih dan mulus. Mereka menduga Jokowi memang kerap melakukan perawatan. Saking penasarannya, banyak yang mempertanyakan body care yang dikenakan sang presiden.

"Kakinya pak Jokowi putih banget," tulisnya pengguna TikTok @rutmaito.

jokowi jadi kiper berbagai sumber

jokowi jadi kiper
TikTok/@nelma.sambo

Selain mengira bahwa Pak Jokowi menggunakan body care, banyak juga yang beranggapan bahwa putihnya kaki jokowi disebabkan oleh celana panjang yang selalu dia kenakan. Sehingga betis sang presiden tidak pernah tersentuh sinar matahari.

"Setiap hari pakai celana panjang, ayah saya juga sama kakinya putih banget pakek celana panjang terus," ujar akun @mengzulala.

Pada intinya turunnya jokowi ke lapangan ini menjadi viral. Selain mengomentari urusan gol dan putihnya kaki, banyak juga yang memberikan guyonan bahwa Jokowi cocok untuk menggantikan Ernando sebagai kiper Timnas Indonesia.

"Harus dinaturalisasi sih ini kiper buat ganti Ernando," ujar akun @refifebriannn.

"@Erick Thohir bisa tu pak no 23 jadi kiper Timnas Senior," kata akun @twentyeight.

"Gimana ini, apakah selepas 2024 beliau masuk Timnas," timpal @jengmega.

@nelma.sambo Rarama Bebye Bapak RI 01 #sailtelukcenderawasih2023 #biakpapua #fyp #biaknumfor suara asli - Nelmasambo