Brilio.net - Salah satu tradisi yang sering dilakukan sebagian besar umat muslim di Indonesia saat tiba bulan Maulid adalah mengadakan pengajian dan majelis shalawat. Bulan Maulid atau yang disebut juga bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah adalah bulan yang sangat istimewa bagi sejarah perjalanan umat Islam.

Pasalnya, bulan ini merupakan momen kelahiran Muhammad SAW. Sejak kelahirannya tersebut, Muhammad SAW kelak menjadi seorang nabi dan Rasul yang diutus Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam ke seluruh penjuru bumi.

Di Indonesia, momen tersebut dirayakan dengan mengadakan berbagai agenda pengajian dan majelis shalawat. Tak jarang, di masjid, majelis taklim, serta pondok pesantren, sampai mengadakan festival untuk menyambut momen Maulid Nabi ini.

Salah satu kebiasaan yang ada pada momen pengajian ini, adalah jamaah akan mendapat jamuan makanan dan minuman sebelum dan sesudah pengajian usai. Bahkan ketika mereka pulang, panitia turut serta memberikan berkat berupa makanan, sembako, dan souvenir lainnya.