Brilio.net - Seorang pria di Kamerun mendapatkan warisan paling aneh dari sang ayah, yakni 72 orang istri. Kini, pria yang sering disebut sebagai Fon Abumbi II ini telah memiliki istri kurang lebih 100 orang. Seperti dilansir brilio.net dari mirror.co.uk, Kamis (25/2), sang ayah tak hanya mewariskan istri, Fon Abumbi II juga mendapat warisan 500 orang anak dari sang ayah yang meninggal pada 1968.

Warisan tak biasa ini bisa terjadi karena menurut kepercayaan di kerajaan Abumbi, jika seorang ayah meninggal dunia maka sang anak akan mendapatkan warisan jandanya. Oleh karena itu, sang anak diharuskan menikahi semua janda milik sang ayah.

"Di balik seorang pria yang sukses, terdapat seorang wanita yang jauh lebih sukses. Menurut tradisi kami, istri tua diwariskan kepada sang anak. Ini mengajarkan bahwa anak tersebut tak lagi menjadi pangeran melainkan ia telah menjadi seorang raja," kata Ratu Constance yang merupakan istri ketiga Fon Abumbi II.

"Selama masa penjajahan dan masuknya nilai-nilai lain, perbedaan nilai tradisional kami dengan nilai-nilai tersebut menimbulkan konflik. Peran saya adalah untuk menyatukan keduanya sehingga saya bisa menikmati hasil pembangunan dan modernitas tanpa harus merusak budaya mereka," tambah Constance.

Raja Fon Abumbi II sendiri merupakan raja bagi masyarakat tradisional di Kota Bafut, Kamerun. Kini, istananya yang bernama Ntoh menjadi objek wisata bagi wisatawan. Istana tersebut masuk dalam daftar 100 situs yang terancam punah pada 2006 World Monuments Fund. Oleh karena itu, para penduduk di sana masih mempertahankan tradisi nenek moyangnya demi menjaga agar istana mereka tak punah.

Loading...