Saat membayar, ia hanya perlu membayar Rp 2 ribu saja. Uang itu kemudian dimasukkan ke dalam kotak layaknya kotak amal.

Bahkan, untuk beberapa orang, warung itu memberikan seporsi makanan dan minuman secara cuma-cuma.

"Ya mas, biasanya kalau pemulung gratis," ujarnya salah satu pengelola.

"Oh kalau orang nggak mampu boleh gratis?"

"Ya pokoknya, kalau nggak bisa bayar juga nggak apa-apa," imbuhnya.

Pria tersebut tampak menikmati seporsi rawon bersama orang-orang yang menyantap hidangan tersebut. Warung tersebut tampak ramai oleh pembeli maupun hanya sekadar makan saja.

Usut punya usut, warung tersebut sebelumnya berkeliling di beberapa titik setiap hari Jumat. Namun, Covid-19 membuat mereka harus beradaptasi untuk menetap di satu tempat. Warung ini sudah berjalan selama empat tahun.

Makan di warung cuma bayar Rp 2 ribu © TikTok/@ayokulinersby

foto: TikTok/@ayokulinersby

"Dulunya awalnya itu warung akhirat, jadi kita keliling di tiap titik, setiap Jumatnya. Tapi karena waktu itu kita pandemi, Alhamdulillahnya kita ada sahabat yang memang berkenan untuk kami adakan di sini, gitu. Warung Akhirat sudah (keliling) tiga tahun, kalau di tempat ini satu tahun," jelas pemilik warung.

Bahkan, mereka juga memperbolehkan siapapun menjadi donatur dalam berbagai bentuk donasi. Bentuk donasi dapat berupa bahan-bahan pokok untuk diolah menjadi makanan.

"Setiap pagi pasti ada yang ngasih sayur, gula, teh, dan sebagainya. Jadi dengan gerakan ini kita mau ngajak temen-temen berbuat kebaikan, menjadi ladang pahala jariyah bagi kita semua," tutupnya.

Video yang viral di media sosial tersebut kini telah mendapatkan 4,5 juta kali penayangan. Warganet yang melihat kisah sedekah warung tersebut merasa bersimpati kepada pengelola warung.

"surga tempat kalian para ibu ibu yg masak," ucap @rizalborder.

"ya Allah berkah bagi yg terlibat dlm pembuatan dan semua yg ada didalamnya ," kata @r._.yy.

"Sehat terus ibuk, semoga kebahagiaan selalu mengiringi," ujar @cece18022.

@ayokulinersby Makan dan minum hanya Rp. 2000 wow !!! . #kuliner #makanan #enak #kulinermurah suara asli - ayo kuliner sby